Selasa 25 Jul 2023 20:42 WIB

Bersih-Bersih Sungai Karang Mumus, Relawan OMG Rangkul Warga Samarinda

Masyarakat setempat juga diajak untuk menjalankan pola hidup sehat.

Gerakan membersihkan sungai Karang Mumus di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: Dok. Web
Gerakan membersihkan sungai Karang Mumus di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Suasana semangat kebersamaan mengalir deras saat kelompok relawan OMG bersama masyarakat menggelar aksi peduli lingkungan yang diimplementasikan dengan membersihkan sungai Karang Mumus di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pengurus OMG Kaltim, Teguh Prayitno menyampaikan pihaknya bertekad untuk memberikan kontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai yang memainkan peran vital bagi kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga

"Kami bersih-bersih di pinggiran sungai ini untuk memastikan lagi lebih bersih dari sampah-sampah. Kami mengedukasi masyarakat bahwa sangat penting peran sungai, apalagi Samarinda sebagai salah satu kota yang memiliki banyak sungai dan itu berpengaruh sekali untuk ekosistem yang ada di sekitar," kata Teguh usai kegiatan di Kelurahan Temindung Permai, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kaltim, seperti dilansir pada Selasa (25/7/2023). 

Menurutnya, aksi ini merupakan langkah konkrit dari OMG dalam mengimplementasikan kepedulian terhadap lingkungan, serta menyambut Hari Sungai Nasional yang dirayakan pada 27 Juli.

Tegus menjelaskan, dalam aksi bersih-bersih kali ini, OMG tidak hanya mengumpulkan sampah-sampah di tepi sungai dan di halaman sekitar rumah warga yang di dekat sungai, akan tetapi juga memfasilitasi adanya alat kebersihan kepada masyarakat sekitar, seperti sapu hingga tempat sampah. 

Dukungan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif dari seluruh warga dalam menjaga kebersihan sungai secara berkelanjutan. Tidak hanya itu, OMG juga mengadakan kegiatan senam bersama sebagai bagian dari upaya menggalakkan hidup sehat. Menurut Teguh, dua kegiatan ini sebagai bentuk mencintai alam, dan mendorong hidup sehat bagi masyarakat.

"Kami OMG mengadakan kegiatan senam bersama serta bersih-bersih pantai. Senam ini untuk menjaga kesehatan masyarakat, agar tetap bugar, apalagi banyak Ibu-ibu, jadi bisa lebih sehat mengurus anak dan keluarganya," ujar Teguh. 

Apresiasi dan sambutan baik dari masyarakat setempat begitu menggembirakan. Dukungan dan ucapan terima kasih mengalir deras bagi OMG Kaltim yang telah berusaha dengan sepenuh hati menjaga kelestarian alam dan menggalakkan hidup sehat.

"Saya mengikuti senam, aksi bersih-bersih di sini. Ini kegiatannya bagus betul, membuat lingkungan bersih, supaya masyarakat tambah sehat, sungai bersih, terhindar dari banjir-banjir," ujar salah seorang ibu yang menjadi peserta kegiatan, Ade Abisyam. 

Adapun Teguh mengungkapkan figur Ganjar Pranowo sudah dikenal baik oleh masyarakat, serta mendapat dukungan dari warga di Kota Samarinda agar Ganjar lancar 2024. 

Bukan kali ini saja OMG menaruh perhatian terhadap lingkungan. Di, Kalimantan Barat (Kalbar), relawan menanam 500 bibit mangrove di Jalan Ahmad Yani, Desa Pasir, Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar. Relawan menanam bibit tersebut bersama komunitas setempat.

Koordinator Wilayah OMG Kalbar Steper Vijaye menjelaskan, kegiatan bertema 'Learn From Nature' ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli para anak muda terhadap pelestarian alam. Khususnya terkait dengan ekosistem pantai seperti kehidupan tanaman mangrove.

"Ini program strategis orang muda Ganjar secara khusus di wilayah Kalimantan Barat untuk menjaga ekosistem pantai. Kegiatan ini bertujuan agar kita generasi-generasi muda, cinta kepada lingkungan, terus mengabarkan kegiatan-kegiatan positif untuk menjaga lingkungan ini," kata Vijaye, demikian dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement