Senin 17 Jul 2023 16:26 WIB

Tahun Baru Islam, Polisi Surakarta Siapkan Ratusan Personel Amankan Kirab Budaya Satu Sura

Kegiatan kirab budaya 1 Sura akan diselenggarakan pada dua tempat.

Tahun Baru Islam, Polisi Surakarta Siapkan Ratusan Personel Amankan Kirab Budaya Satu Sura
Foto: Antara/Aji Styawan
Tahun Baru Islam, Polisi Surakarta Siapkan Ratusan Personel Amankan Kirab Budaya Satu Sura

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kepolisian Resor Kota Surakarta menyiapkan ratusan personel untuk persiapan pengamanan dua agenda kirab budaya yang digelar di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram atau malam 1 Sura.

Kepala Polresta Surakarta Komisaris Besar Polisi Iwan Saktiadi mengatakan personel pengamanan yang disiapkan terdiri atas unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

Baca Juga

Kegiatan kirab budaya 1 Sura akan diselenggarakan pada dua tempat, yakni di Pura Mangkunegara pada Selasa (18/7/2023) malam dan sehari kemudian (19/7/2023) digelar di Keraton Kasunanan Surakarta.

Iwan menyampaikan rute dua kegiatan kirab budaya tersebut juga berbeda. Untuk kirab di Pura Mangkunegaran hanya di seputar pura atau mengelilingi Mangkunegaran. Sedangkan kirab di Keraton Kasunanan mengambil rute seperti yang berlangsung tahun-tahun sebelumnya.

Jumlah personel yang diturunkan untuk pengamanan kirab di Pura Mangkunegaran pada malam 1 Sura sekitar 350 orang dan untuk kirab Keraton Kasunanan, Rabu (19/7/2023) malam sebanyak 400 personel.

"Kami siapkan 400 personel untuk yang Keraton Kasunanan Surakarta sehingga menjelang pelaksanaannya akan dicek kembali apakah ada perubahan. Jika yang diminta dari penyelenggara ada perubahan, kami sesuaikan dengan situasi atau personel pengamanan pada hari pelaksanaan," katanya, Senin (17/7/2023).

Ia menjelaskan kirab 1 Sura di Pura Mangkunegaran dimulai pukul 19.00 WIB, diawali dengan arak-arakan mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran. Kemudian, disusul dari rombongan lain dari pintu gerbang utama Pura Mangkunegaran menuju ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar kemudian kembali ke Pura Mangkunegaran.

Sedangkan rute 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta akan melewati Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi, dan kembali ke keraton.

"Untuk pengamanan tamu VIP, saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggaraan dari Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta. Kami akan melakukan konsentrasi pengamanan jalur sistem pengamanan prosesi kirab budaya dan menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan," katanya.

Iwan mengimbau masyarakat untuk menonton dan mengikuti prosesi kirab budaya yang digelar setiap malam 1 Sura secara tertib dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement