Senin 17 Jul 2023 17:05 WIB

13 Penumpang Bus MPM Masuk Jurang di Kota Padang Dipastikan Selamat

Seluruh penumpang dipastikan hanya mengalami luka ringan.

Sebuah bus dari arah Solok menuju Kota Padang masuk jurang (Foto: ilustrasi)
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Sebuah bus dari arah Solok menuju Kota Padang masuk jurang (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepolisian mencatat 13 penumpang Bus Mutiara Putra Mulia (MPM) yang masuk jurang di kawasan Sitinjau Lauik Kota Padang pada Ahad (16/7/2023) malam, seluruhnya dalam kondisi selamat. "Seluruh penumpang sudah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Semen Padang untuk mendapatkan perawatan dan seluruhnya hanya mengalami luka ringan," kata Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon di Padang, Senin (17/7/2023).

Sebelumnya, Bus MPM masuk ke dalam jurang pada Ahad pukul 21.00 WIB di Jalan Raya Padang Solok Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Ia mengatakan, kejadian ini berawal ketika Bus MPM membawa 13 orang penumpang ini melaju dari arah Solok menuju Kota Padang dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga

"Informasi dari saksi, bus ini melaju dalam keadaan kencang tanpa terkendali," katanya.

Selanjutnya sopir bus berusaha mengendalikan laju bus, namun karena rem tidak berfungsi sehingga sopir berinisiatif membanting stir bus ke arah kanan mengakibatkan bus keluar jalan dan terjun ke dalam jurang dengan ketinggian 10 meter. Hal ini membuat bus terbalik dengan kondisi roda bus ke atas akibat laju bus yang kencang.

Melihat hal tersebut, saksi berlari ke arah bus dan memberitahukan kepada saksi lain untuk menghubungi Polsek Lubuk Kilangan dan memberikan pertolongan kepada penumpang bus.

"Kita langsung lakukan evakuasi bersama tim gabungan dan meminta ambulans mengantar para korban ke rumah sakit," kata dia.

Ia mengatakan, saat ini proses evakuasi terhadap barang-barang milik penumpang bus masih dilakukan. Pengaturan arus lalu lintas di sekitar lokasi dilakukan personel Polsek Lubuk Kilangan dibantu personel Satuan Lantas Polresta Padang.

Ia mengatakan, sopir Bus MPM dengan nomor polisi BA 7044 QU ada dua orang, yakni Hendra Fianto (42) dan Sahril (45) sedang dimintai keterangan polisi. Sementara 13 korban yang berada di bus terdiri atas tujuh lelaki dan lima perempuan dan ada balita serta anak-anak yangseluruhnya telah pulang dari rumah sakit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement