Kamis 13 Jul 2023 18:36 WIB

Pemilu 2024, Bakal Ada TPS Lokasi Khusus di Al-Zaytun

KPU menyebut TPS lokasi khusus di Al-Zaytun itu akan menjadi yang pertama kalinya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Ma'had Al-Zaytun di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Foto: Dok Republika
Ma'had Al-Zaytun di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Komisi Pemilihan Umum (KPU) memfasilitasi penyediaan tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus di Ma’had Al-Zaytun untuk pemilihan umum serentak (Pemilu) 2024. Rencananya tiga TPS lokasi khusus (lokus) akan disiapkan di pesantren yang berada di wilayah Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu.

TPS lokus itu sebelumnya diajukan oleh pihak Al-Zaytun kepada KPU RI melalui KPU Kabupaten Indramayu. Ketua KPU Kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fatoni menjelaskan, pengajuan TPS lokus di Ma’had Al-Zaytun telah melalui proses verifikasi. Hasilnya, disetujui ada tiga TPS lokus di pesantren yang dipimpin Panji Gumilang tersebut.

Baca Juga

Menurut Toni, TPS lokus di Ma’had Al-Zaytun ini akan menjadi yang pertama kalinya. Dalam pemilu-pemilu sebelumnya, kata dia, tidak ada TPS lokus di Al-Zaytun. Warga yang tinggal di lingkungan Al-Zaytun sebelumnya menyalurkan hak suara berbaur dengan masyarakat lainnya.

Toni menjelaskan, TPS lokus itu nantinya menjadi tempat bagi para pemilih yang tinggal di lingkungan Ma’had Al-Zaytun untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024. Sesuai ketentuan, setiap TPS hanya bisa menampung maksimal 300 pemilih.

 

photo
Ketua KPU Kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fatoni. - (Republika/Lilis Sri Handayani)

 

Menurut Toni, ada 815 orang di Ma’had Al-Zaytun yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Sebelumnya, kata dia, ada 825 pemilih yang diajukan. Namun, setelah dilakukan verifikasi langsung, yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 815 pemilih.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement