Selasa 11 Jul 2023 08:03 WIB

Rangkul Komunitas Cinta Seni Cirebon, Relawan Srikandi Ganjar Asah Bakat Milenial

Pelatihan vokal ini dibarengi dengan menyanyikan lagu tradisional Cirebon.

Pelatihan vokal kepada para milenial di Warung Mimi Sepuh, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Pelatihan vokal kepada para milenial di Warung Mimi Sepuh, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Bakat-bakat musik terpendam menjadi perhatian tersendiri bagi kelompok relawan Srikandi. Berangkat dari itu, kelompok tersebut melakukan pelatihan vokal di Warung Mimi Sepuh, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar). 

Srikandi Ganjar Jabar juga menggandeng Komunitas Cinta Seni Cirebon untuk menyukseskan pelatihan vokal ini. Perwakilan Koordinator Daerah (Korda) Cirebon Gladis Anjelita mengatakan pelatihan vokal ini dibarengi dengan menyanyikan lagu tradisional Cirebon berjudul 'Kota Cirebon'.

Baca Juga

"Pada kegiatan ini, peserta belajar cara melatih vokal dengan baik dan benar serta bagaimana menyanyikan lagu tradisional Cirebon dengan nada yang merdu," ungkapnya, seperti dilansir pada Senin (10/7/2023). 

Gladis mengatakan, dalam pelatihan ini, para peserta diajari teknik pernapasan dengan menggunakan perut. Setelah itu, para peserta langsung mempraktikkan menyanyi dengan teknik tersebut. Tujuannya, penyanyi semakin kuat dalam bernyanyi dan tidak mudah kehabisan suara.

"Yang dijelaskan dalam pelatihan ini ialah teknik pernapasan dengan menggunakan perut yang biasa kita lakukan ketika tidur. Lalu, dipraktikkan bagaimana menyanyi dengan menggunakan teknik itu secara baik dan benar," ungkapnya setelah pelatihan vokal.

Gladis menjelaskan pelatihan ini digelar agar bakat dan kreativitas puluhan milenial di Kabupaten Cirebon makin terasah dalam bidang musik, khususnya olah vokal. Selain itu, musik yang dipilih untuk belajar vokal para peserta adalah lagu tradisional berjudul "Kota Cirebon".

"Kami ingin melestarikan kebudayaan yang ada di Cirebon. Banyak yang enggak tahu nih para milenial tentang kebudayaan yang ada di Cirebon. Jadi, kami mengenalkan ini agar seluruh masyarakat Indonesia juga mengetahui ada banyak kebudayaan di Cirebon sehingga dapat dikenal," katanya.

Ada puluhan milenial yang berpartisipasi dan menyambut antusias program yang diadakan Srikandi Ganjar Jawa Barat ini. Sementara itu, peserta pelatihan vokal Nadita Dwi Nirmala sangat gembira mengikuti pelatihan olah vokal yang diadakan tersebut. 

"Tanggapan saya, pelatihan ini sangat berkesan karena di sini kami belajar banyak tentang bagaimana mengolah vokal kayak mengatur napas menggunakan perut. Kami juga menyanyikan lagu berjudul Kota Cirebon. Kegiatan tadi semuanya berjalan sangat baik," ujarnya.

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Cirebon ini juga berharap Srikandi Ganjar Jabar terus menggelar kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengembangkan potensi perempuan milenial di Cirebon.

"Harapan saya, semoga kegiatan seperti ini terus digelar dan lebih bermanfaat lagi untuk kalangan remaja," katanya.

Perhatin terhadap dunia seni juga telah ditunjukkan kelompok serupa ketika bersam 1.500 milenial Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar acara Milenial Fun Day Festival (MFDF) di Halaman Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Kota Pontianak.

Srikandi Ganjar Kalbar terdiri dari kalangan milenial seperti pelajar, mahasiswa, musisi hingga influencer perempuan. Acara MFDF diisi dengan beragam kegiatan seperti zumba, color run, penampilan dance dan musisi, donor darah hingga edukasi HIV/AIDS.

"Acara Srikandi Ganjar Kalbar di Pontianak juga menarik perhatian masyarakat umum yang sedang melakukan car free day di kawasan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman," ujar dia, seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement