Ahad 09 Jul 2023 17:51 WIB

Sambut Tahun Baru 1445 Hijriyah, LPM Dompet Dhuafa Gelar Jambore Anak Hebat

Agenda diharapkan memberikan motivasi agar dapat bermanfaat untuk para peserta .

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1445 Hijriyah dan Hari Anak Nasional 2023, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM)  Dompet Dhuafa (DD) menggelar program Jambore Anak Hebat. (ilustrasi).
Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1445 Hijriyah dan Hari Anak Nasional 2023, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa (DD) menggelar program Jambore Anak Hebat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1445 Hijriyah dan Hari Anak Nasional 2023, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM)  Dompet Dhuafa (DD) menggelar program Jambore Anak Hebat. Kegiatan kali ini “Dare to Lead and Speak Up”.

Acara tersebut diselenggarakan dengan mengumpulkan 100 anak yatim usia SMP hingga SMA, yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Jabodetabek. Acara berlangsung selama 2 dua hari, sejak Rabu hingga Kamis (5-6/07/2023) di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat.

 

Acara secara resmi dibuka pada pukul 11.00 WIB di area camping ground. Turut hadir Kepala LPM DD Moh Noor Awaluddin Asjhar, Senior Officer Layanan Sosial DD Kamaludin, serta Direktur Layanan Sosial, Dakwah, dan Budaya (LSDB) DD Ahmad Shonhaji.

 

Dalam sambutannya, Kamaludin mengatakan tujuan digelarnya program ini bukan hanya untuk peringatan Hari Anak Nasional dan menjelang Tahun Baru 1445 Hijriyah. Agenda ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi agar dapat bermanfaat untuk para peserta di kemudian hari.

 

“Kami selenggarakan kegiatan Jambore Anak Hebat ini untuk memberikan permainan, motivasi dan lain sebagainya. Silahkan dijadikan bekal untuk pulang nanti dan semoga bermanfaat untuk masa depan adik-adik sekalian. Insya Allah acara ini tidak hanya kali ini saja, kita akan upayakan untuk ada program kelanjutannya,” ucap Kamaludin dalam keterangan yang didapat Republika, Ahad (9/7/2023).

 

Dalam kesempatan terpisah, Direktur LSDB DD, Ahmad Shonhaji menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Agenda tersebut merupakan sebuah kegiatan positif yang bermanfaat, khususnya bagi anak-anak yatim.

 

"Ke depan, program ini harus dikelola dengan profesional melalui kemitraan dengan banyak lembaga, sehingga lebih banyak anak-anak yang merasakan manfaatnya," ucap dia.

 

Selanjutnya, Awaluddin dalam acara closing ceremony menyampaikan pesan agar anak-anak dapat menjadikan ilmu yang didapat dalam kegiatan ini sebagai bekal hidup di kemudian hari.

 

"Jangan lupa doakan juga kami dari Dompet Dhuafa dan para muzakki, serta donatur lainnya, agar kami dapat istiqamah menjalankan program-program yang bermanfaat untuk adik-adik sekalian,” kata Awaluddin.

 

Rangkaian kegiatan dilaksanakan di camping ground dengan konsep kemah di kawasan puncak dekat dengan aliran sungai. Tempat ini dipilih sebagai lokasi acara karena memiliki konsep outdoor, dengan harapan anak-anak tidak hanya dapat berkegiatan, tetapi sekaligus agar mereka bisa lebih dekat dan mencintai alam. 

 

Sejumlah fasilitas dan materi diberikan kepada para peserta sepanjang acara. Di antaranya mulai dari outbond, pemeriksaan kesehatan dari Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) DD, motivasi psikologi anak, permainan kelompok serta pentas seni.

 

Selain itu, ada juga kegiatan sharing session dengan Ahmad Al Wabil, alumni sekolah SMART Ekselensia Dompet Dhuafa angkatan 12. Saat ini ia menjadi Mahasiswa semester 4 Jurusan Ilmu Komputer Universitas Pertamina. Hadir pula Annisa Nur Lestari, seorang Mahasiswi S2 Ilmu Alquran yang juga seorang influencer dan pegiat media sosial.

 

Pendamping dari Yayasan Sahidul Hasaniyah Bekasi, Sayyidah, mengatakan ia mewakili para pendamping mengucapkan ribuan terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas acara ini. "Kegiatan ini telah membimbing para peserta untuk jauh lebih dewasa, serta memberikan bekal bagi mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan," ujar Sayyidah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement