Sabtu 08 Jul 2023 23:56 WIB

Pengunjung Pura Mangkunegaran Naik Dua Kali Lipat pada Musim Liburan

Pengunjung bisa mencapai 700 orang dalam sehari.

Jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran Solo naik lebih dari dua kali lipat.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran Solo naik lebih dari dua kali lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran Solo naik lebih dari dua kali lipat pada musim liburan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Pemerintah kota mengapresiasi integrasi destinasi wisata dan transportasi umum.

"Ada peningkatan cukup signifikan jumlah wisatawan baik di Pracima Tuin maupun area pariwisata. Satu hari bisa mencapai 700-an pengunjung," kata KGPAA Mangkunegara X di Solo, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan angka ini lebih tinggi dibandingkan hari normal atau di luar musim libur yakni 200-300 pengunjung/hari. "Dengan Kota Solo yang juga makin banyak kegiatan, destinasi, event, ini jadi daya tarik. Angkanya tinggi, ini menyenangkan bagi kita semua. Harapannya terus berlanjut," katanya.

Ia juga mengapresiasi upaya Pemkot Surakarta yang mengintegrasikan destinasi wisata dengan transportasi publik sehingga memudahkan akses wisatawan yang datang ke Solo.

"Jadi bisa saling menunjang satu sama lain," katanya.

Sementara itu, terkait dengan perkembangan revitalisasi Pura Mangkunegaran, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Tentu masih cukup banyak PR-nya, mulai dari pariwisata hingga pengelolaan Pamedan. Banyak yang harus dikerjakan," katanya.

Ia mengatakan pada tahun ini juga akan ada beberapa hal baru untuk mendongkrak kunjungan ke wisata sejarah (heritage) tersebut. "Tahun ini ada beberapa hal baru yang kami lakukan, seperti penyelenggaraan pameran, event di Mangkunegaran kami kembangkan, pelatihan (workshop). Dampaknya pasti akan besar," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement