Sabtu 08 Jul 2023 20:44 WIB

Keberhasilan Program Social Empowerment Pusri, Raih Prestasi di Ajang Area Awards 2023

Penghargaan ini juga merupakan penghargaan Internasional pertama dalam bidang TJSL.

Pusri meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2023.
Foto: Dok. Republika
Pusri meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Keberhasilan PT Pusri Palembang dalam meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di Pulau Kemaro, mengantarkan Pusri untuk meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) Tahun 2023.

Untuk pertama kalinya Pusri memperoleh penghargaan AREA pada kategori Social Empowerment melalui Program SESERA atau Sehat Sejahtera Pulau Kemaro. Penghargaan ini juga merupakan penghargaan Internasional pertama dalam bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berhasil diraih Pusri.

AREA merupakan salah satu program dari Enterprise Asia atau sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja dengan pemerintah, LSM dan organisasi lain. Dengan tujuan dari program ini yaitu untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Serta untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan terbaik dan kompetitif di Asia yang telah menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dalam 7 kategori (Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership and Responsible Business Leadership)

Guna meningkatkan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, khususnya di Pulau Kemaro, Pusri memberikan pendampingan dan pengembangan kompetensi melalui Program SESERA. Berbagai program yang termasuk dalam Program SESERA adalah Keramba Jaring Apung (KJA), Pertanian Terpadu Zero Waste, Pengolahan Air Minum SESERA dan kegiatan lainnya.

VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini mengungkapkan “Kami sangat bersyukur bisa dipercaya untuk meraih penghargaan Asia Responsible Enterpirse Awards ini, karena penghargaan ini merupakan kerja keras seluruh Insan Pusri untuk bersama berkomitmen dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar perusahaan dan menigkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan," kata VP TJSL Pusri, Alde Dyanrini dalam keterangannya yang diterima Republika.coo.id, Sabtu (8/7//2023). 

Asia Enterprise selaku penyelenggara AREA Award menilai, bahwa program SESERA telah berkontribusi pada peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Pulau Kemaro. Pusri terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan program SESERA sebagai salah satu program unggulan TJSL.

Melalui program ini, Pusri juga mengimplementasikan SDGs poin (1) Tanpa Kemiskinan, (2) Tanpa Kelaparan, (3) Sehat dan Sejahtera, (5) Kesetaraan Gender, (7) Energi Bersih dan Terbarukan, (8) Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, (10) Mengurangi Ketimpangan, (13) Penanganan Perubahan Iklim, (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, serta berdasar pada prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

Saat ini, program SESERA tengah fokus untuk mengembangkan potensi pertanian di Pulau Kemaro, pengembangan alat transportasi menggunakan energi terbarukan, serta sedang menyiapkan pembukaan Resto Apung sebagai salah satu destinasi wisata di sekitar pulau Kemaro. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement