Jumat 07 Jul 2023 11:50 WIB

Ini Pentingnya Publikasi Hasil Penelitian Ilmiah Bagi Dosen

LPPM Universitas BSI dorong dosen membuatn penelitian didesiminasikan pada seminar

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, mendorong dosen untuk membuat luaran penelitian yang didesiminasikan pada seminar ataupun konferensi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.
Foto: dok Universitas BSI
LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, mendorong dosen untuk membuat luaran penelitian yang didesiminasikan pada seminar ataupun konferensi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Salah satu implementasi tri dharma perguruan tinggi pada bidang penelitian yakni mempresentasikan hasil penelitian dosen yang dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan (desiminasi). LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya, mendorong dosen untuk membuat luaran penelitian yang didesiminasikan pada seminar ataupun konferensi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Tuti Alawiyah, selaku staf LPPM Universitas BSI mengatakan, desiminasi tersebut sangat perlu untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang sudah dilakukan. 

"Desiminasi perlu dilakukan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang telah dilakukan dosen agar penelitiannya diketahui oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat," kata Tuti, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/7).

Menurut Tuti, seminar atau konferensi, telah banyak diselenggarakan oleh berbagai lembaga baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti konferensi internasional ICAISD yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif untuk mewadahi dosen dalam mempresentasikan hasil penelitiannya.

"Dosen dapat mengikuti kegiatan seminar atau konferensi sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawabnya sebagai penyebar ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni," ujar Tuti.

Teknologi saat ini, telah mendukung penyelenggaraan seminar ataupun konferensi secara daring. Hal ini tentu memudahkan dosen untuk mempublikasi hasil penelitiannya. Dosen dapat mempresentasikan hasil penelitiannya tanpa hadir di lokasi kegiatan yang tentunya membutuhkan biaya transportasi dan akomodasi yang cukup besar.

"Kemudahan dalam mengikuti seminar atau konferensi ini selayaknya dimanfaatkan dosen dalam memenuhi kewajibannya dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, khususnya pada bidang penelitian. Keikutsertaan dosen dalam mendesiminasikan hasil penelitiannya juga berdampak pada pemenuhan angka kredit dosen pada saat melakukan pelaporan Beban Kinerja Dosen (BKD)," jelas Tuti.

Tuti menambahkan, khusus bagi dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik, pemenuhan laporan BKD wajib dilakukan pada setiap semesternya, untuk mendapatkan tunjangan profesi pada setiap bulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement