Rabu 28 Jun 2023 13:24 WIB

Asyik! Kades Lengser Bakal Dapat Uang Purnatugas

Uang purnatugas yang akan diberikan merupakan bentuk penghargaan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan pembinaan kepada para ASN dan kepala desa di Gedung Dakwah Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Senin (26/6/2023).
Foto:

Dengan ditetapkannya angka Rp 2 miliar, desa bisa merencanakan program dan pembangunannya sesuai dengan anggaran yang diterima. Sehingga akan ada keberlanjutan program dalam satu masa kepemimpinan kepala desa.

"Jadi lebih terarah, terukur, dan kemudian itu bisa terkontrol. Jadi saya dari Fraksi Golkar setelah kami keluar sebentar tadi, saya lebih mendukung kepada gagasan dengan ditetapkan nominal 2 miliar," ujar Firman.

Sementara itu, anggota Baleg Fraksi PAN Desy Ratnasari menjelaskan bahwa persentase 15 persen menghadirkan ketidakpastian anggaran bagi desa. Karena, besar atau kecilnya dana desa sebesar 15 persen tentu tergantung dari tinggi atau rendahnya dana transfer daerah.

"Kalau misalkan APBN-nya lagi naik, ya 15 persen udah keburu dipatok dibagi-bagi, 20 persen untuk pendidikan, lalu kemudian 10 persen kalau tidak salah untuk kesehatan. Ini udah keburu dipatok lagi 15 persen untuk dana desa, walaupun nanti ini dibilang dari dana transfer daerah," ujar Desy.

"Oleh karena itu, sesungguhnya ketika muncul nilai 1 miliar itu atau 2 miliar itu sebagai satu usulan, bukan sebagai patokan jika memang disetujui."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement