Senin 26 Jun 2023 16:55 WIB

CANGKUL Festival Betawi Kembangkan Bisnis UMKM

Mendorong semangat para warga untuk berani memulai dan mempelajari bisnis.

Festival CANGKUL x Jakarta Entrepreneur mewujudkan kegiatan yang mendukung dan mencerahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan potensi bisnis.
Foto: dok. Republika
Festival CANGKUL x Jakarta Entrepreneur mewujudkan kegiatan yang mendukung dan mencerahkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan potensi bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hamparan pesona dan semangat wirausaha, kini merayap memenuhi udara di Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur.  Festival yang kini menjadi magnet inspirasi berlangsung selama dua hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 22–23 Juni 2023. 

Siswa-siswi LSPR mengisi acara pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Jakarta Entrepreneur bersama Kelurahan Tengah dalam rangka pengenalan terhadap seminar yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli dengan mengajak 30 UMKM untuk mengikuti kegiatan di RPTRA Dahlia. 

HUT DKI Jakarta ke-496 pun menjadi ajang penuh keceriaan dalam Festival CANGKUL x Jakarta Entrepreneur mewujudkan kegiatan yang mendukung dan mencerahkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan potensi bisnis mereka.

Rangkaian acara Festival CANGKUL yang bertepatan di RPTRA Dahlia, Kelurahan Tengah disambut hangat Heru Budi Hartono, selaku PJ Gubernur DKI Jakarta, Budy Hartati Lurah Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Benyamin Tambunan manajemen dari Jakarta Entrepreneur, Febe Nathaline ketua acara CANGKUL, serta gelora semangat warga dalam memeriahkan acara ini. 

"Keikutsertaan Kelurahan Tengah dan juga dukungan dari Jakarta Entrepreneur dengan menyediakan 15 tenda untuk 30 UMKM menunjukkan, dedikasi dan komitmen dalam membangun komunitas yang kuat dan mendukung perkembangan UMKM lokal," kata Ketua Pembimbing acara, Zhafran Tsany Yudizon dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (26/6/2023). 

Festival CANGKUL juga memaparkan games seru serta doorprize menarik, seperti voucher belanja bagi para warga yang berpartisipasi dengan baik. Kondisi ini pun mendorong antusiasme para warga selama acara berlangsung. 

Selain itu, kata dia, para warga dapat menjelajahi  15 tenda bazar yang diisi oleh UMKM lokal untuk memperkenalkan produk-produk unik dan berkualitas kepada pengunjung acara. "Para pelaku UMKM ini, mempromosikan hasil produksi yang beragam dan kreatif," katanya. 

Mereka terdiri dari PKK Kelurahan Tengah, Mozhaik Craft, Sogar Juice, Resep Ibu-kedai Soto Bang mimih, Zuppasoup Bu Ela, Ridella Snack and Food, Atiek cakes and cookies, Dapur Nung Harun, Manaf Resto, Sabest, Shofia foods, Sahabat dimsum, Citarasa Makanan dan Minuman, Dapur Sehati, Wah Boom, Reasti, Mamah dagang, Dappur umma fahris, Zuppa cuuph, Kvelia fashion, Ratna rajut, Cusmi, Felice cookies, Qheys production, Aneka rasa es inerbang, Sintan, Raffaza, Liez Kitchen yang turut menghiasi Festival CANGKUL di tengah para warga Kelurahan Tengah. 

Festival CANGKUL juga dimeriahkan oleh penampilan istimewa dari beberapa club LSPR, seperti LSPR Band dan LSPR Dance. Alunan musik dan gerakan enerjik mengisi panggung acara, menciptakan atmosfer penuh semangat kepada para warga dalam mengikuti rangkaian acara festival. 

"Dengan melihat antusiasme masyarakat dalam memeriahkan Festival Cangkul x Jakarta Entrepreneur, acara ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat Kelurahan Tengah dan sekitarnya mendukung dan mengapresiasi UMKM lokal,” ujar  Zhafran.

“Senang sekali bisa ada kegiatan seperti ini di Kelurahan Tengah, benar-benar mendorong semangat untuk kita para warga untuk berani memulai dan mempelajari bisnis,” ujar Siti, salah satu warga Kelurahan Tengah.

Festival CANGKUL bukan hanya sebagai ajang perayaan HUT DKI Jakarta yang ke-496, tetapi juga sebagai wadah untuk merayakan kreatifitas, semangat kewirausahaan dan kebersamaan. 

Dalam festival ini, kita telah bersama-sama merayakan kreativitas dan kerja sama dalam mengembangkan UMKM lokal sembari berbincang dan berkumpul. Dengan berakhirnya kegiatan Festival CANGKUL, adanya harapan dalam Seminar CANGKUL yang diadakan pada tanggal 7 Juli 2023 mendatang dapat membangun semangat serta memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement