Senin 26 Jun 2023 09:57 WIB

Jokowi Rayakan Hari Raya Idul Adha di Yogyakarta

Presiden Jokowi akan menyalurkan sapi kurban ke-38 provinsi di Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Seekor sapi kurban jenis simmental yang dibeli oleh Presiden Jokowi.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Seekor sapi kurban jenis simmental yang dibeli oleh Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merayakan hari raya Idul Adha 2023 di Yogyakarta. Hari Raya Idul Adha 1444 H telah ditetapkan pemerintah pada Kamis (29/6/2023). "(Idul Adha) di Jogja," kata Jokowi saat ditemui di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2023).

Pada perayaan Idul Adha tahun ini, Jokowi akan menyalurkan sapi kurban ke-38 provinsi. Jumlah sumbangan sapi kurban tersebut bertambah dibandingkan tahun sebelumnya setelah terbentuknya empat provinsi baru.

Penyaluran sapi kurban memang rutin dilakukan oleh Jokowi ke berbagai provinsi menjelang Hari Raya Idul Adha.P endapat itu diperkuat oleh Penjabat Gubernur DKI sekaligus Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

"Saya dengan Pak Deputi ingin menjelaskan bahwa Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 H tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang di tambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2023).

Heru menjelaskan, penyaluran sapi kurban di tiap provinsi dilakukan berdasarkan usulan dari masing-masing pemerintah provinsi. Dalam proses pendistribusiannya, Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan Direktorat Jenderal Bimas Kementerian Agama agar bisa memberikan sapi yang terbaik dari Jokowi.

Sebelum disalurkan, sapi-sapi kurban tersebut harus melalui pengecekan kesehatan terlebih dahulu dan harus bebas dari penyakit mulut dan kuku. Sapi kurban yang disalurkan Jokowi memiliki bobot rata-rata 900 kilogram hingga 1,2 ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement