Ahad 25 Jun 2023 12:54 WIB

Tanam Ratusan Pohon Cabai di Jakarta Barat, Kelompok Relawan Jaga Ketahanan Pangan

Ratusan bibit cabai itu dibagikan secara door to door.

Para ibu di Jakarta Barat mendapatkan penyuluhan Program Petik Masak.
Foto: Dok. MG
Para ibu di Jakarta Barat mendapatkan penyuluhan Program Petik Masak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan ibu tampak menanam bibit pohon cabai di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Sabtu (24/6/2023). Mereka memanfaatkan lahan yang ada di rumah dan menanam pohon cabai bersama.

Listiawati selaku perwakilan dari Relawan Mak Ganjar menjelaskan, ia bersama puluhan relawan lainnya menyusuri pemukiman padat di Jakarta Barat sebagai komitmen untuk menjaga ketahanan pangan.

Baca Juga

"Ini merupakan program 'Petik Masak' dari Mak Ganjar dan komitmen kami karena termotivasi Pak Ganjar Pranowo yang sukses dalam bidang pertanin di Jawa Tengah," ujar Listi, seperti dilansir pada Ahad (25/6/2023).

Listi menambahkan, ia juga memberikan pelatihan cara menanam dan merawat pohon cabai puluhan warga sekitar, hal ini supaya warga bisa maksimal dalam budi daya cabai.

 

"Dalam kegiatan ini kita juga memberikan edukasi bagaimana cara menanam pohon cabai yang benar, tadi kita bagikan 350 pohon cabai," kata dia.

Ratusan bibit cabai itu dibagikan secara door to door ke warga sekitar. Listi menyinggung penanaman cabai dalam pot ini sebagai solusi ketahanan pangan di pemukiman yang padat.

Salah satu peserta Petik Masak, Amel, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk ibu rumah tangga sepertinya. "Saya sangat senang karena ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu bisa kita praktekan di rumah," ujar Amel.

Tak hanya di Jakabar, kelompok serupa juga membagikan 400 tanaman cabai lengkap dengan pot dan media tanam kepada warga Pademangan, Jakarta Utara, melalui Program Petik Masak.

Menurut Ketua Mak Ganjar Jakarta Utara Kiki Sakinah, bantuan ini bisa dikembangkan perorangan maupun berkelompok setelah melihat peluang besar dalam potensi pohon cabai dalam mendorong ekonomi warga.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Petik Masak yang kami usung sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," kata dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement