Jumat 23 Jun 2023 15:48 WIB

Guruh dan Puan Tinjau Langsung Gladi Bersih Peringatan Bulan Bung Karno

Tiga ribu penari disiapkan untuk menari saat puncak acara Bulan Bung Karno.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Putra Presiden pertama Republik Indonesia, Guruh Irianto Soekarnoputra meninjau gladi bersi puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (23/6/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Putra Presiden pertama Republik Indonesia, Guruh Irianto Soekarnoputra meninjau gladi bersi puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (23/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra Presiden pertama Republik Indonesia, Guruh Irianto Soekarnoputra memantau langsung gladi bersih puncak peringatan Bulan Bung Karno yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang digelar Sabtu (24/6/2023). Dalam proses tersebut turut hadir Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto tampak memberi arahan dalam proses gladi bersih tersebut. Dimana diikuti oleh Satuan Tugas (Satgas) Cakra Buana yang mengenakan caping berwarna merah.

Baca Juga

Sebelumnya, Guruh menjelaskan sebanyak tiga ribu penari disiapkan untuk menari saat puncak acara Bulan Bung Karno. Tari Kecak sebagaimana pernah dilakukan oleh sang Proklamator RI pada 1958 hingga pagelaran Asian Games 1962.

"Bu Mega meminta saya untuk menyiapkan tarian kecak itu yang ditarikan oleh wanita dan tarian ini saya beri judul biasanya kalau yang di Bali itu tradisional mengambil kisah ramayana tapi ini tentang Bung Karno secara singkat. Maka judulnya adalah Soekarnoyana ya kecak ini," ujar Guruh.

Puncak peringatan bulan Bung Karno akan dihadiri oleh pengurus PDIP dari berbagai tingkatan. Ketua umum partai politik lain juga diagendakan hadir dalam acara yang dihadiri langsung oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

"Teman-teman PDI Perjuangan dan orang-orang yang kemudian merasa mempunyai pandangan cita-cita yang sama dengan PDI Perjuangan semuanya Insya Allah kita undang," ujar Puan.

Sebanyak 70 ribu peserta diagendakan hadir dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno. Partai politik yang sudah meneken kerja sama politik dengan PDIP juga direncanakan hadir dalam acara tersebut.

"PPP sudah pasti Insya Allah akan hadir. Perindo, Insya Allah akan hadir, kemudian Hanura. Yang lain-lain kami masih dalam konfirmasi, namun Insya Allah besok sudah ada kepastian pihak yang bersangkutan akan hadir," ujar Ketua DPR itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement