Kamis 22 Jun 2023 12:41 WIB

Tantangan Makan Ghost Pepper, Cabai yang Katanya Terpedas di Dunia

Ghost Pepper, cabai yang memiliki rasa pedas yang kuat.

Ilustrasi cabai terpedas, Ghost Pepper
Foto: ist
Ilustrasi cabai terpedas, Ghost Pepper

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cabai ghost pepper tengah viral di Indonesia. Ini tidak terlepas dari rasa rempah tersebut, yang dinilai sangatlah pedas. Bahkan, ghost pepper disebut sebagai cabai terpedas di dunia.

Sebagai perbandingan, ghost pepper memiliki 1 juta scoville heat units (SHU) atau tingkat kepedasan maupun rasa panas yang dirasakan saat makan pedas. Ukuran ini jauh di atas cabai rawit yang biasa kita konsumsi, yakni sebesar 50.000 SHU. Saking pedasnya, cabai ghost pepper sampai digunakan untuk menangkap teroris oleh tentara India pada 2015 lalu. Ghost pepper dipakai untuk bahan peledak guna membekuk para teroris di dalam gua. 

Baca Juga

Rempah ini juga disebut paling langka di dunia. Ghost pepper hanya tumbuh di bagian timur laut India, tepatnya di Assam, Manipur, dan Nagaland. Biasanya ghost pepper dimasukkan dalam masakan daging dan ikan. Tidak jarang juga cabai ini ditemui dalam kari dan acar.

Saat masuk ke Indonesia, tren ghost pepper langsung membludak di kalangan milenial dan gen Z. Hal ini karena dua generasi ini menyukai makanan pedas, terbukti dari survei tahun 2022 yang digelar Shopee Food, di mana mi pedas dan ayam geprek menjadi makanan yang favorit. Orang yang terbiasa makan pedas cenderung tertantang untuk merasakan tingkat kepedasan yang baru.

 

Ghost pepper sendiri mula-mula viral di media sosial, dimana seorang Tiktoker bernama Yudha Pangestu (@yudhapangestu24) sempat ditantang seorang followers-nya, untuk merasakan kepedasan ghost pepper. Akun Tiktok bernama @dinss1409, menantang Yudha yang memiliki 3,2 juta pengikut itu, untuk memakan mi dengan campuran bumbu ghost pepper, yaitu Daebak Ghost Pepper. 

Ia diminta mencampur semua varian, yakni Ghost Pepper Instant Noodles, Ghost Pepper Smax Ring, serta Mister Potato edisi Ghost Pepper, lantas kemudian menghabiskannya. Namun, karena rasa pedas yang luar biasa, Yudha tak sanggup menghabiskannya dan berulah seperti orang kerasukan. 

"Ah, pedes banget," ujar Yudha dalam video yang diunggah akun Tiktoknya, dikutip Kamis (22/6/2023). 

"Nggak sanggup gua," imbuh dia. 

Yudha yang kewalahan pun membuat para Tiktoker lainnya untuk mengikuti tantangan tersebut. Hasilnya ratusan Tiktokers Indonesia turut mengikuti tantangan tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement