Rabu 21 Jun 2023 23:07 WIB

BMKG: Karhutla Belum Ganggu Penerbangan ke Nagan Raya Aceh

Jarak pandang minimum mendatar (visibility) pada siang hari 10 kilometer.

Ilustrasi karhutla
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Ilustrasi karhutla

REPUBLIKA.CO.ID, SUKA MAKMUE -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiska (BMKG) menyebutkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga saat ini belum mengganggu jadwal penerbangan pesawat udara ke daerah itu.

"Hingga saat ini berdasarkan pantauan BMKG, kejadian karhutla di Nagan Raya masih belum berdampak ke aktivitas penerbangan," kata prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh Almira Aprilianti di Kompleks Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga

Ia menyebutkan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan sepanjang Rabu, jarak pandang minimum mendatar (visibility) pada siang hari masih mencapai 10 kilometer, sehingga sangat aman untuk penerbangan.

Meski masih aman untuk penerbangan, BMKG saat ini terus melakukan pemantauan aktivitas sebaran angin dan asap di sekitar Nagan Raya. Pihaknya juga selalu memberikan update informasi cuaca terutama kepada otoritas Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, terhadap perkembangan cuaca.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat khususnya petani agar berhati-hati dan bijak terhadap penggunaan api. Dia mengimbau petani agar tidak membersihkan atau membuka lahan dengan cara membakar, terutama dalam kondisi cuaca yang sangat panas pada beberapa hari ini, karena dikhawatirkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement