Rabu 21 Jun 2023 05:40 WIB

PSI Segera Umumkan Tiga Nama Cagub DKI 2024, Gibran Tertinggi

Wali Kota Solo Gibran meraih posisi teratas sembilan cagub DKI yang diseleksi PSI.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.
Foto: Dok DPRD DKI
Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mengumumkan tiga nama yang bakal diusulkan sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta 2024 pada Jumat (23/6/2023). Tiga nama itu merupakan sosok yang paling banyak dipilih masyarakat lewat platform 'Rembuk Rakyat Jakarta'.

"Hari Jumat ini kami akan mengumumkan tiga teratas yang nantinya akan memberikan gambaran yang lebih jelas, siapa calon gubernur yang akan didukung oleh PSI," kata Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana kepada wartawan dalam diskusi bertajuk 'Memilih Pemimpin Masa Depan Jakarta' di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2023).

Baca: Politikus PDIP Depok Sindir PSI dan Giring Dompleng Kaesang Pangarep

William menjelaskan, di dalam platform 'Rembuk Rakyat Jakarta, ada sembilan nama cagub DKI Jakarta yang dimunculkan. Dalam platform yang sudah berjalan selama dua bulan tersebut, masyarakat Jakarta bisa memilih salah satu dari sembilan calon yang telah terseleksi oleh PSI.

Kesembilan cagub yang diusung tersebut, antara lain Ketua Dewan Pembina Partai PSI Grace Natali, Kabarharkam Polri Komjen Muhammad Fadil Imran, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

Baca: Ketua Fraksi PDIP Minta Pj Heru Lanjutkan Pembangunan JLNT Pluit Warisan Ahok

Ada pula, Wali Kota Bogor Bima Arya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan KSAD Jenderal Dudung Abdurahman, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Dari daftar nama tersebut, William mengungkapkan, hingga saat ini yang berada di posisi teratas adalah  Gibran Rakabuming, yang merupakan putra sulung Presiden RI Joko Widodo.

"Internal kami menyaring dari kader-kader kami calon mana yang layak untuk kita sajikan ke publik. Lalu publik memilih calon-calon yang kami sajikan, sudah dua bulan hasilnya bisa dilihat, Gibran tertinggi, dan ada beberapa figur lain yang ada, nanti Jumat kita umunkan siapa-siapa saja tiga teratas," kata William menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement