Selasa 20 Jun 2023 13:19 WIB

Anak 9 Tahun Alami Trauma Psikologis Akibat 5 Kali Dilecehkan Pria Lanjut Usia

Korban meminta ganti kelamin kepada orang tuanya akibat trauma.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus raharjo
Lindungi anak korban pelecehan seksual (ilustrasi)
Foto: Unsplash
Lindungi anak korban pelecehan seksual (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengawal penanganan kasus pencabulan berulang yang dilakukan pria lanjut usia berinisial SH (65 tahun). Kasus ini menimpa seorang anak (9) di Jakarta Timur.

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar menyebut korban terindikasi mengalami trauma. Ia menyampaikan keprihatinan terhadap apa yang dialami anak korban.

Baca Juga

"Terduga pelaku yang merupakan tetangga korban berusia lanjut diduga telah mencabuli anak korban sebanyak lima kali sejak 2022 dengan iming-iming uang dan bujuk rayu. Akibatnya anak mengalami trauma psikologis," kata Nahar dalam keterangannya pada Selasa (20/6/2023).

 

Sebelumnya, ramai diberitakan bahwa anak korban (9) mengalami trauma fisik dan psikologis akibat kekerasan seksual yang dialaminya. Bahkan, korban meminta untuk ganti kelamin kepada orangtuanya. Atas dugaan pencabulan itu, orang tua korban telah melapor ke Polres Metro Jakarta Timur pada 7 Maret 2023.

 

KemenPPPA mendukung penyidikan yang saat ini tengah dilakukan oleh pihak kepolisian. KemenPPPA berharap agar pelaku dapat segera ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

"Info dari Polres, kemarin malam (16/6/2023) pelaku sudah ditangkap dan ditahan di Polres Jakarta Timur," ujar Nahar.

 

Kasus ini sudah dalam pemantauan KemenPPPA dan UPT P2TP2A Provinsi DKI Jakarta. KemenPPPA melalui tim Layanan SAPA telah berkoordinasi dengan UPT P2TP2A Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pendampingan bagi korban. “Korban sudah mendapat pendampingan dan layanan UPT P2TP2A Provinsi DKI Jakarta, assesment sesuai kebutuhan, layanan psikologis, serta pendampingan hukum,” kata Nahar.

Potensi ancaman pelecehan anak....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement