Rabu 14 Jun 2023 21:12 WIB

Soft Launching 12 Juli, KAI: LRT Jabodebek Mampu Tekan Kemacetan Jakarta

KAI akan gelar pameran LRT Jabodebek Coming Soon, 13 --- 15 Juni 2023

Rangkaian kereta LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. KAI optimistis LRT Jabodebek mampu menekan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rangkaian kereta LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. KAI optimistis LRT Jabodebek mampu menekan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai sosialisasi kepada masyarakat mengenai Lintas Raya Terpadu Jakarta Bogor Depok Bekasi (LRT Jabodebek). KAI optimistis LRT Jabodebek mampu menekan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya.

Adapun soft launching LRT Jabodebek dilakukan pada 12 Juli 2023. Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek, Kuswardojo, mengatakan pihaknya akan menggelar Pameran LRT Jabodebek Coming Soon di Taman Fatahillah, Jakarta Barat, pada 13-15 Juni 2023.

"Pameran LRT Jabodebek Coming Soon merupakan ajang sosialisasi yang penting kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya agar aware akan kehadiran dan keunggulan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan dapat mengurangi kemacetan di wilayah Jabodebek,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (14/6/2023).

Dia melanjutkan, masyarakat juga dapat menggali informasi terkait LRT Jabodebek lebih dalam karena ada petugas yang siap untuk memberikan informasi booth Pameran LRT Jabodebek Coming Soon. Selain itu, Pameran LRT Jabodebek Coming Soon menghadirkan community gathering yang mengundang masyarakat dapat berinteraksi dan berdiskusi tentang transportasi di Jakarta.

Pada Pameran LRT Jabodebek Coming Soon juga diadakan kontes foto yang dapat diikuti oleh para pengunjung dan berkesempatan memenangkan hadiah menarik. Dalam kontes foto, pengunjung berkesempatan memenangkan smart watch, tablet, sepeda lipat, dan smartphone.

KAI menargetkan dalam 10 tahun ke depan, LRT Jabodebek akan mampu menampung sebanyak 500 ribu penumpang setiap harinya. LRT Jabodebek akan dioperasikan akan dimulai pada 18 Agustus 2023. Kuswardojo menyebut, ketika beroperasi komersil nanti, pihaknya menargetkan mampu mengangkut 137 ribu penumpang per hari.

"Nanti perhitungan kita setiap tahun akan meningkat lima persen. Jadi nanti sekitar 10 tahunan setelah masa operasional kita bisa angkut per hari 500 ribuan pengguna jasa," kata Kuswardojo.

Target peningkatan tersebut dianalisa dari perhitungan sensus penduduk dan kebutuhan angkutan massal yang meningkat setiap tahun. Untuk mendapat angka itu, KAI juga menggandeng lembaga survei untuk menghitungnya.

Saat beroperasi secara komersil pada Agustus 2023 nanti, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 23.27 WIB. Untuk mengangkut 137 ribu penumpang per hari, telah disiapkan 20-27 trainset yang siap beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement