Rabu 14 Jun 2023 01:36 WIB

Gandeng TVRI, BRIN Hadirkan Program Indonesia Raya Jelajah Sains

kolaborasi antara TVRI dan BRIN akan menghasilkan program mingguan melalui Indonesia.

kolaborasi antara TVRI dan BRIN akan menghasilkan program mingguan melalui Indonesia Raya Jelajah Sains.
Foto: istimewa
kolaborasi antara TVRI dan BRIN akan menghasilkan program mingguan melalui Indonesia Raya Jelajah Sains.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sepakat jalin kerja sama untuk menyiarkan dan menyebarluaskan sains dan teknologi. Hal ini diwujudkan dalam Penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara LPP TVRI dan BRIN yang berlangsung di Auditorium Bung Karno LPP TVRI, Senin, (12/06). 

Dalam sambutannya, Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno menekankan peranan LPP TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budaya bangsa. 

Baca Juga

“Dengan hadirnya program Indonesia Raya Jelajah Sains di TVRI, apalagi dengan diizinkan pemerintah bagi TVRI untuk mengelola kanal baru TVRI Sains, maka ini akan menjadi momentum untuk menjadi semangat dan pengingat seluruh bangsa untuk mengembangkan semangat menguasai ilmu-ilmu dasar kimia, fisika, matematika, biologi. TVRI akan berupaya mewujudkan masyarakat yang akrab dengan sains dan teknologi” kata Iman Brotoseno. 

Selain itu sebagai televisi publik, TVRI hadir untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan penyiaran televisi yang menjangkau seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia serta untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Adapun BRIN yang merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden bertugas menyelenggarakan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan yang terintegrasi.

“Dengan tugas dan fungsi yang dimiliki oleh masing-masing pihak, maka melalui kerja sama ini diharapkan informasi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, utamanya yang berada di Indonesia dapat disiarkan dan disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat” ujar Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. Nantinya kolaborasi antara TVRI dan BRIN akan menghasilkan program mingguan melalui Indonesia Raya Jelajah Sains. Selain itu, melalui TVRI juga akan terus ditumbuhkan semangat penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui talkshow Indonesia Bicara, Klik Indonesia, dan program-program lainnya. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang terjadi dengan cepat dan terus-menerus, pemerintah serta seluruh pemangku kepentingan harus terus mendukung terlaksananya riset dan lahirnya inovasi untuk dapat meningkatkan daya saing Indonesia pada era digital di tingkatan global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement