Jumat 09 Jun 2023 15:52 WIB

Dua Mahasiswa Kampus Digital Bisnis UNM Raih Juara Lomba Essay Tingkat Nasional

Sepatutnya prestasi ini dapat menjadi motivasi juga contoh yang baik bagi mahasiswa.

Dua mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali raih prestasi di tingkat nasional pada perlombaan essay antar Perguruan Tinggi.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Dua mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali raih prestasi di tingkat nasional pada perlombaan essay antar Perguruan Tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali raih prestasi di tingkat nasional pada perlombaan essay antar Perguruan Tinggi. Ajang kompetisi ini mengangkat subtema lomba yang terdiri dari 3 pilihan, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs), personal hygine dan kesehatan mental. Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) RS Husada, pada Mei 2023.

Prestasi berhasil diraih William Hans Natanael dan Desi Masdin Dama. Kedua mahasiswa prodi Sains Data Kampus Digital Bisnis UNM ini berhasil meraih juara 2 lomba essay tingkat nasional. 

Selain itu, masih pada bulan yang sama, William Hans Natanael dan Desi Masdin Dama juga dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi terbaik 2 dan terbaik 3 di UNM. Tati Mardiana selaku ketua prodi (kaprodi) Sains Data menyampaikan apresiasinya kepada William dan Desi atas raihan prestasinya di tingkat nasional kali ini.

“Saya sangat bersyukur dan sangat mengapresiasi atas raihan prestasi dari mahasiswa prodi Sains Data, yang berhasil meraih juara nasional pada perlombaan menulis essay. Tentu ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, dan kembali menjadi bukti atas kualitas mahasiswa UNM khususnya di Prodi Sains Data yang mampu bersaing dengan berbagai mahasiswa, baik dari PTN maupun PTS pada skala nasional,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (7/6/2023).

Ia pun berharap agar prestasi yang diraih oleh dua mahasiswa ini dapat menular dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa UNM lainnya. Terutama mahasiswa Prodi Sains Data untuk turut mengikuti berbagai kompetisi dengan menyesuaikan minat dan bakat masing-masing.

“Kami dari Prodi tentu selalu berharap prestasi ini dapat menginspirasi dan mendorong mahasiswa lainnya, untuk turut mengikuti berbagai kompetisi ataupun kegiatan positif lainnya, yang tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka kedepannya. Tentu prodi akan senantiasa memfasilitasi dan memberikan pendampingan kepada setiap mahasiswa, yang ingin terjun aktif melakukan berbagai bentuk kompetisi, baik di bidang akademik maupun non akademik,” kata Tati berharap.

Sementara itu, Arif Hidayat selaku wakil rektor bidang non akademik juga turut menyampaikan apresiasinya. Ia mengatakan perlombaan essay antar Perguruan Tinggi ini merupakan ajang kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh ratusan peserta. Mereka berasal dari berbagai Perguruan Tinggi. 

“Tentu dengan ikut sertanya mahasiswa Kampus Digital Bisnis UNM pada ajang kompetisi tingkat nasional ini membawa nama harum bagi kampus dan sepatutnya prestasi ini dapat menjadi motivasi juga contoh yang baik buat mahasiswa lainnya,” ujarnya.

Dengan ikut kegiatan seperti ini, terangnya akan menumbuhkan sikap kritis ilmiah mahasiswa, dengan memunculkan gagasan yang inovatif dan aplikatif terhadap kondisi dan permasalahan pendidikan di Indonesia dalam membangun karakter bangsa.

“Kemampuan berkomunikasi secara kritis dan aspiratif inilah sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan bangsa agar dapat menjadi inspirasi dan motivasi buat generasi muda lainnya di negeri ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement