Jumat 09 Jun 2023 14:12 WIB

Kolaborasi dan Investasi Sosial untuk Tumbuh Bersama

CSR Kideco merupakan bentuk menguatkan keberlangsungan dan kolaborasi dengan warga.

Ilustrasi program CSR perusahaan
Foto: Dok Web
Ilustrasi program CSR perusahaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan, harus bisa memberikan nilai tambah untuk masyarakat penerima manfaatnya.

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan, program tersebut harus bisa memberikan nilai tambah baik di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi. Program CSR Kideco merupakan investasi sosial untuk tumbuh bersama secara harmonis dan menciptakan keberlanjutan di masa depan.

Baca Juga

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat, baik di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi. "Ini sejalan dengan visi Kideco menjadi “the most reliable and eco-friendly Indonesian energy provider for sustainable future," ujar Mohammad Kurnia Ariawan dalam sambutannya di acara TOP CSR Award 2023 yang digelar oleh Top Business, di Jakarta, Rabu (7/6/2023,). 

Dalam acara tersebut, Kideco yang merupakan anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali meraih penghargaan dalam ajang TOP CSR Award 2023. Penghargaan tersebut meliputi TOP CSR 2023 Stars 5, TOP CSR Awards 2023; Innovation Program Kampoeng CSR to SDGs serta TOP Leader on CSR Commitment 2023, yang diberikan kepada Direktur Utama Kideco.

Mohammad Kurnia Ariawan lebih lanjut menjelaskan, bahwa penghargaan yang diterima Kideco, akan menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus memberikan yang terbaik tidak hanya untuk masyarakat sekitar lokasi perusahaan,akan tetapi juga seluruh Indonesia. 

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa ada banyak dampak positif dari program CSR, salah satunya adalah berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. 

“Forum ini mengamplifikasi pentingnya kita untuk terus belajar dan menjawab tantangan, tidak hanya keberlanjutan, tapi yang terpenting saat ini dalam jangka pendek adalah mencegah terjadinya collapse, baru kita mewujudkan ekonomi kita menjadi lebih baik lagi. Apresiasi kepada para pemenang yang telah menerapkan prinsip-prinsip tadi dan itu semua adalah bagian pembelajaran untuk kita semua," kata Sigit Reliantoro.

Sigit Reliantoro menjelaskan bahwa peradaban saat ini masuk dalam kondisi eksponensial, yang membawa peradaban manusia pada ancaman collapse. Hal itu disebabkan manusia produktif untuk dirinya sendiri, belum memikirkan unsur lain, seperti efek lingkungan jangka panjang. Manusia harus regeneratif, yaitu meniru kepada proses alam, mengembalikan kondisi betul-betul seperti semula.

TOP CSR Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business ini digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Tema yang diambil dalam TOP CSR Awards 2023 adalah “CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth.”Penghargaan TOP CSR Award 2023 ini diikuti oleh 177 Perusahaan finalis dari berbagai sektor. 

Kideco sendiri telah melakukan beberapa inisiatif sebagai turunan dari strategi ESG perusahaan, seperti pembuatan kawasan hijau terpadu Samurangau Eco Park dengan aspek pendidikan dan budaya di dalamnya, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), reklamasi, Arboretum Tandarayan, penggunaan solar panel untuk perumahan karyawan.

Lainnya adalah penggunaan bus listrik untuk operasional karyawan, penanaman mangrove, serta inisiatif lainnya bersama dengan mitra kerja melalui efisiensi bahan bakar dan penggunaan air, ditunjang inovasi digitalisasi, demi mencapai efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional bisnis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement