Jumat 09 Jun 2023 09:14 WIB

Komunitas Sopir Truk di Jakarta Utara Saling Rangkul, Bagikan Peralatan Bengkel

Para sopir truk menyoroti sejumlah permasalahan yang menghambat aktivitas.

Kelompok relawan Komunitas Sopir Truk (KST) DKI Jakarta bersilaturahmi dengan para pengendara yang ada di kawasan pergudangan Muara Karang, Jakarta Utara.
Foto: Dok. Kst
Kelompok relawan Komunitas Sopir Truk (KST) DKI Jakarta bersilaturahmi dengan para pengendara yang ada di kawasan pergudangan Muara Karang, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA UTARA -- Kelompok relawan Komunitas Sopir Truk (KST) DKI Jakarta bersilaturahmi dengan para pengendara yang ada di kawasan pergudangan Muara Karang, Jakarta Utara. Mereka melakukan sosialisasi hingga menyerahkan bantuan peralatan yang dibutuhkan para sopir truk, seperti rompi reflektif, perangkat bengkel, dan tambang untuk derek.

"Kami masih terus melakukan silaturahmi, memberikan bantuan toolkit," kata Koordinator Wilayah (Korwil KST), Amirul Amin, seperti dilansir pada Jumat (9/6/2023). 

Baca Juga

Kedatangan para sukarelawan Ganjar Pranowo itu pun mendapatkan sambutan yang positif dari para sopir truk maupun warga di sekitar lokasi. Bahkan, mereka sudah berkumpul sejak acara belum dimulai.

Menurut Amin, kegiatan yang digelar komunitasnya selama ini memang selalu mendapatkan respons yang baik dari warga. 

 

"Yang jelas, setiap kami mengadakan kegiatan, antusiasme dari masyarakat juga banyak," kata Amin.

Amin menyimpulkan rata-rata sopir truk berpesan agar Ganjar memperhatikan kesejahteraan mereka ke depannya. Caranya, melalui bantuan langsung maupun dengan kebijakan yang berpihak kepada rakyat kecil. Tak hanya itu, para sopir truk juga menyoroti sejumlah permasalahan yang menghambat aktivitas keprofesian mereka selama ini, mulai dari kerusakan infrastruktur jalan hingga maraknya pungutan liar dan kejahatan di jalanan.

"Jalan-jalan diperbaiki, pungli-pungli maupun bajing-bajing luncat (pencurian muatan truk) di jalanan istilahnya itu semoga diberantas," ujar Amin menambahkan.

Sementara itu, salah seorang sopir truk di kawasan Muara Karang, Suripto, mengapresiasi inisiatif KST DKI Jakarta yang menggelar silaturahmi sekaligus memberikan bantuan untuk mereka.

"Sangat bermanfaat bagi kami yang sopir truk itu bantuan kunci, alat-alat (bengkel) untuk truk. (Bantuan itu) yang dibutuhkan oleh sopir," tutur Suripto menanggapi kegiatan KST kali ini.

Suripto menceritakan pada saat bertugas, ia kerap menghadapi keadaan darurat seperti mesin mogok dan ban pecah. Namun, terkadang ia terkendala peralatan yang minim untuk memperbaikinya.

Komunitas serupa juga telah menjalin silaturahmi dan memberikan sejumlah bantuan kepada rekan sesama sopir truk di pul yang berada di Jalan Ki Asmaran, Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Tangerang, Banten, belum lama ini. 

Herman selaku koordinator KST wilayah Banten mengatakan pihaknya ingin membuktikan kepedulian terhadap para pekerja sopir.

"Dalam kegiatan ini, kami memberikan alat las dan mesin steam. Selain itu, kami juga memberikan bingkisan kepada sopir, montir, dan warga sekitar," kata dia, demikian dilansir dari Antara.  

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement