Jumat 09 Jun 2023 06:20 WIB

Megawati Instruksikan Ganjar Tampil Autentik Hadapi Pilpres

Megawati mencontohkan Bung Karno yang tampil dengan dirinya sendiri.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Tangkapan layar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dalam pidato penutupan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (8/6/2023).
Foto: Tangkapan layar
Tangkapan layar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dalam pidato penutupan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (8/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bahwa rapat kerja nasional (Rakernas) III juga membahas cara untuk mensosialisasikan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo. Ia ingin, Ganjar ditampilkan autentik jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saya dengan hakulyakin, saya mengatakan tampilkan Pak Ganjar itu dengan autentik, rasional, dan sesuai dengan karakternya yang menyatu dengan akar rumput," ujar Megawati dalam pidato penutupan Rakernas III PDIP, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga

Ia mencontohkan Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno yang tampil sebagai dirinya sendiri. “Beliau (Bung Karno) dapat menampilkan yang namanya beliau, Bung Karno adalah Bung Karno," ujar Megawati.

Rakernas III adalah forum perumusan strategi untuk memenangkan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Termasuk dalam memenangkan Ganjar.

Ia mengatakan, Pemilu adalah pertarungan ide dan gagasan untuk menyelesaikan masalah rakyat yang disebutnya sebagai akar rumput. Kontestasi juga menjadi tempat perjuangan dalam merebut masa depan dan memberikan harapan pada rakyat.

"Kebersamaan penuh disiplin yang terbangun selama tiga hari di Sekolah Partai ini telah menjadikan kita semakin solid untuk bergerak keluar, merangkul seluruh kekuatan nasional, guna memenangkan Saudara Ir Ganjar Pranowo," ujar Megawati.

Rakernas III PDIP juga menjadi forum partai untuk menyerap arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada hari pertama forum tersebut, Jokowi memberikan perhatian utama pada pembangunan ibu kota negara (IKN), hilirisasi industri, dan percepatan pembangunan koridor strategis di seluruh wilayah Indonesia.

"Bahkan kami sudah menggodok, kalau sekiranya kami InsyaAllah menjadi menang akan semakin dipercepat. Karena kita berpengalaman selama dua periode di pemerintahan," ujar Megawati.

Di samping itu, pembangunan sumber daya manusia juga akan menjadi fokus dari PDIP dan Ganjar jika menang pada Pemilu 2024. Sebab, pembangunan sumber daya manusia akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dengan meletakkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Rakernas III partai ini telah menyiapkan visi misi calon presiden, visi misi partai ini bukanlah sekedar perencanaan jangka pendek, dia adalah overall planning yang bersifat semesta dan berencana," ujar Megawati.

"Cakupan dari overall planning tersebut dimulai dari komitmen agar fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara," sambung Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement