Kamis 08 Jun 2023 09:40 WIB

Peringati World Milk Day, FFI Dorong Minum Susu Jadi Gaya Hidup

Peranan susu mendukung pembentukan otak anak agar dapat mencapai potensi maksimal.

Anak-anak diajak untuk meningkatkan konsumsi susu.
Foto: Dok Republika.co.id
Anak-anak diajak untuk meningkatkan konsumsi susu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Susu Sedunia (World Milk Day) adalah inisiatif dari Organisasi Pangdan dan Pertanian (FAO) PBB. Merayakan momentum Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara pada 1 Juni 2023, Frisian Flag Indonesia (FFI) mendorong masyarakat menjadikan minum susu sebagai sebuah gaya hidup.

FFI pun mengusung tema 'Enjoy Your Dairy Moment, Dukung Kekuatan untuk Menang'. Corporate Affairs Director PT FFI, Andrew F Saputro, menjelaskan, Hari Susu Sedunia yang sekaligus Hari Susu Nusantara ini menjadi momen untuk berfokus pada edukasi kebaikan susu dan meningkatkan kesadaran manfaat produk susu dalam diet sehat.

Selain itu, pihaknya meyakini bahwa setiap orang perlu mendapatkan nutrisi yang tepat pada setiap fase kehidupannya untuk daya tahan menuju hidup yang lebih baik. Menurut Andrew, setiap kemajuan kecil dalam hidup adalah kemenangan, dan setiap kemenangan akan membawa dampak kepada orang lain.

"Untuk menang kita perlu menaklukkan berbagai tantangan. Selama lebih dari 100 tahun Frisian Flag hadir untuk memberikan kekuatan untuk menang bagi semua orang melalui produk susu terlengkap, lezat, bernilai gizi baik, dan terjangkau, bagi setiap tahapan kehidupan. Kami berkomimen memberikan kebaikan susu untuk 100 tahun ke depan, demi Indonesia sehat, sejahtera, dan selaras," kata Andrew di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Peranan susu pada fase anak dan remaja, mendukung pembentukan otak anak agar dapat mencapai potensi yang maksimal, serta pertumbuhan tulang dan otot. Selain itu, susu juga berperan penting sebagai salah satu sumber energi, serta mendukung dan menjaga imunitas agar tubuh dapat memberikan usaha terbaik dalam kegiatan sehari-hari.  

Dokter spesialis gizi klinik Dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK, mengatakan, susu mengandung nutrisi lengkap yang mencakup zat gizi makro, meliputi karbohidrat protein, dan lemak serta zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Ada pula sumber tujuh vitamin, yaitu vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12 maupun vitamin E dan B5. Diana menambahkan, susu juga sumber tiga mineral yang terdiri kalsium, fosfor, dan yodium, serta zat lainnya.

"Dengan kandungan nutrisi selengkap itu, susu memiliki segala kebaikan sebagai sumber asupan energi yang kita butuhkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sekaligus memiliki banyak manfaat untuk mendukung kecerdasan otak, memenuhi kecukupan energi dan sistem imunitas tubuh kita," kata Diana.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, utu Juli Ardika, mengatakan Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara bisa dijadikan momentum untuk untuk mendorong industri susu nasional. "Mari kita jadikan ini untuk semakin memacu industri susu di Indonesia untuk terus tumbuh agar dapat mendukung terbentuknya generasi yang berkualitas," kata Putu Juli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement