Rabu 07 Jun 2023 20:46 WIB

Natuna Jadi Pemasok Sapi Kurban untuk Wilayah Kepri

Stok sapi kurban di Natuna melimpah.

Sapi kurban. Natuna menjadi pemasok sapi kurban untuk wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Sapi kurban. Natuna menjadi pemasok sapi kurban untuk wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, menyebut daerahnya menjadi pemasok sapi kurban untuk wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ia mengatakan stok di daerahnya melimpah.

"Pengiriman sapi keluar daerah merupakan sumber pendapatan cukup menjanjikan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Natuna," kata Rodhial dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

Selama periode bulan Mei hingga Juni 2023, Rodhial menyebut, Natuna sudah mengirim total 306 ekor sapi kurban ke pulau-pulau yang ada di Provinsi Kepri menggunakan sarana transportasi laut. Ia merinci pengiriman sapi pertama ke Kabupaten Kepulauan Anambas menggunakan KMP Mina Maritim dengan jumlah sapi jantan 19 ekor dilakukan pada 11 Mei 2023.

Pada 30 Mei 2023, ada pengiriman kedua ke Kota Tanjungpinang dengan menggunakan kapal Kawerane mengangkut 64 sapi jantan. Lalu, pada 30 Mei 2023, ada pengiriman ketiga tujuan Kabupaten Bintan menggunakan KM Bahtera Nusantara 2 dengan jumlah sapi jantan sebanyak 15 ekor.

Pengiriman keempat ke Tanjungpinang dan Bintan pada 31 Mei 2023 dilakukan menggunakan kapal Kawerane dengan jumlah sapi jantan 108 ekor. Lalu, pengiriman kelima tujuan Tanjung Balai Karimun menggunakan KM Putra Natuna dengan jumlah sapi jantan sebanyak 100 ekor.

Rodhial memastikan sapi kurban dari Natuna sehat dan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sehingga dapat menjadi sumber kebutuhan ternak di Provinsi Kepri. Rodhial juga mengapresiasi masyarakat khususnya para peternak sapi di Natuna yang mampu memelihara ternak sapi dengan baik, sehingga terhindar wabah PMK.

"Ini sangat baik untuk pengembangan ternak sapi, khususnya di Natuna," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement