Kamis 01 Jun 2023 09:53 WIB

Polisi Berlakukan One Way ke Arah Jalur Puncak Bogor

Penerapan one way dilaksanakan mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Esthi Maharani
Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way, dari arah Jakarta menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur Hari
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way, dari arah Jakarta menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur Hari

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way, dari arah Jakarta menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur Hari Pancasila, Kamis (1/6/2023) pagi. Penerapan one way dilaksanakan mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, menjelaskan sebelum menerapkan one way, pihaknya sudah menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor sejak Rabu (31/5/2023) sore.

“Situasi di kawasan wisata Puncak pada hari pertama liburan long weekend ini untuk arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak terjadi peningkatan dibanding hari biasa. Oleh karena itu, kita melaksanakan one way arah Puncak,” kata Dicky ketika ditemui Republika.co.id di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Kamis (1/6/2023).

Pantauan Republika.co.id di Simpang Gadog, kendaraan dari Exit Tol Gadog memadati dua jalur menuju Jalur Puncak. Kepadatan terjadi dari dalam tol hingga ke titik awal kawasan Puncak.

Lebih lanjut, Dicky mengatakan, one way ini akan dilaksanakan secara situasional. “Jadi kita lihat situasi arah kendaraan. Jadi biasanya pagi hari kita laksanakan one way arah atas (Jalur Puncak) untuk melakukan penarikan arus, sedangkan siang hari untuk pengurasan arus kita tarik ke bawah (Jakarta),” jelasnya.

Dicky menyebutkan, di sepanjang 22 kilometer Jalur Puncak, Polres Bogor menyiagakan 200 personel. Ditambah 100 personel gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kabupaten Bogor.

“Untuk pos pemantauan sendiri kita ada beberapa pos yaitu ada empat pos dari Simpang Gadog, Megamendung, Taman Safari, dan Riung Gunung,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement