Ahad 28 May 2023 12:04 WIB

Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Bagi Kaum Hawa, Srikandi Jakarta Gelar Seminar

Diharapkan seminar ini membawa banyak manfaat untuk para perempuan milenial.

Seorang narasumber memberikan pelatihan di seminar kesehatan bertajuk Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagu Perempuan di Jalan Pemuda, Gang Merdeka RT 002/007 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.
Foto: Dok. Web
Seorang narasumber memberikan pelatihan di seminar kesehatan bertajuk Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagu Perempuan di Jalan Pemuda, Gang Merdeka RT 002/007 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seminar kesehatan bertajuk ‘Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagu Perempuan’ diikuti dengan antusias oleh kaum hawa Jakarta. Seminar tersebut diselenggarakan di Jalan Pemuda, Gang Merdeka RT 002/007 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 

“Peserta kali ini alhamdulillah sangat antusias. Milenial adalah orang yang akan melanjutkan generasi ke depan, jadi mereka antusias bertanya dari apa yang mereka sendiri alami,” kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jabodetabek, Wahyuni Safitri, dilansir pada Ahad (28/5/2023). 

Baca Juga

Wahyuni menjelaskan, perhelatan ini menghadirkan narasumber yang merupakan praktisi bidan. Narasumber tersebut membekali peserta seminar dengan berbagai pengetahuan terkait kesehatan reproduksi perempuan.

Salah satunya dijelaskan tentang kiat menjaga kesehatan reproduksi perempuan. Seperti memperbanyak makanan sehat dan bergizi, melakukan manajemen stress, mengonsumsi pil penambah darah, hingga menjaga kebersihan.

“Kebersihan yang terkadang orang menyepelekan itu. Kebersihan yang misalnya seharusnya kita mengganti pakaian dua atau tiga kali sehari, itu terkadang terlena. Apalagi padat aktivitas,” katanya.

Wahyuni mengatakan, ilmu-ilmu tersebut penting disampaikan kepada perempuan muda karena gangguan atau penyakit dalam sistem reproduksi rawan menimbulkan berbagai masalah. Sebab itu penting untuk menjaga kesehatan reproduksi.

“Jadi kami melihat kesehatan reproduksi ini seperti hal yang biasa, akan tetapi kesehatan ini faktor yang harus kita utamakan karena perempuan adalah pencetak generasi selanjutnya. Jadi hal itu harus disosialisasikan, digaungkan,” kata Wahyuni.

Wahyuni berharap seminar kesehatan ini membawa banyak manfaat untuk para perempuan milenial di wilayah Jakarta Timur. Wahyuni juga berharap mereka semakin peduli terhadap kesehatan reproduksinya.

Sementara, salah satu peserta seminar bernama Fanny Fadhila berterima kasih kepada Srikandi Ganjar Jabodetabek. Pasalnya, ilmu yang diberikan sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

“Jadi di acara seminar tadi aku mendapatkan ilmu tentang pentingnya kita sebagai perempuan untuk menjaga organ reproduksi kita dan kita juga tahu bagaimana caranya kita mencegah penyakit seperti keputihan, kanker serviks, dan sebagainya,” kata dia.

Bukan kali ini saja kelompok serupa menaruh perhatian ke kesehatan kaum perempuan. Di Sumatra Utara, mereka menggandeng SMKS Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Medan untuk menggelar seminar kesehatan di Kelurahan Pulo Brayan, Kec Medan Timur, Kota Medan. 

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait mengatakan seminar itu mengambil tema "Pentingnya Membangun Kualitas Kesehatan Reproduksi dan Mental Remaja".

"Kegiatan ini menyasar para siswa SMA dan para guru hingga pegawai yang ada di SMKS YWKA Medan," kata Annisa, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement