Sabtu 27 May 2023 22:08 WIB

Fokus Pengembangan, Binus Gandeng Universitas Ternama di Dunia

BINUS terus mengembangkan kerja sama internasional dengan universitas ternama.

BINUS terus mengembangkan kerja sama internasional dengan universitas ternama di dunia
Foto: istimewa
BINUS terus mengembangkan kerja sama internasional dengan universitas ternama di dunia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kerja sama internasional merupakan salah satu fokus pengembangan BINUS University, terutama terkait dengan pencapaian visi BINUS 2035 untuk menjadi “A world-class university, fostering and empowering the society in building and serving the Nation”. Dalam rangka pencapaian visi ini, BINUS terus mengembangkan kerja sama internasional dengan universitas ternama di dunia 

Pada kesempatan ini, BINUS akan menjalin kerja sama akademik dengan La Trobe University, Australia, dalam bentuk Two-degree Program yang difokuskan untuk jurusan Computer Science dan Business Information Systems di BINUS University International. 

Melalui Two-degree Program, mahasiswa BINUS pada jurusan-jurusan tersebut akan mendapatkan dua gelar akademik (dari BINUS dan La Trobe) dalam satu periode perkuliahan. Mahasiswa juga diperkenankan untuk menyelesaikan tahun terakhir perkuliahnnya di kampus Melbourne. 

Berfokus pada peningkatan kapasitas para pembelajar, pendidik, dan penyerap lulusan melalui solusi sistem pendidikan tinggi yang inovatif, transformatif, dan berkualitas tinggi dalam skala global, kolaborasi ini diharapkan melahirkan lulusan yang mempunyai kapasitas dan kualitas international yang relevan dengan kebutuhan industri global karena kedua Universitas ini memiliki keunggulan dalam hubungan kuat dengan industri. 

Simbolisasi kerja sama ini ditandai dengan hadirnya Pro Vice-Chancellor dari La Trobe University, Prof. Amalia Di Iorio AM serta Associate Dean, School of Computing, Prof. Naveen Chilamkurti yang disambut dengan hangat oleh Direktur Kampus BINUS @Senayan, ) Drs. Andreas Chang, M.B.A., beserta jajaran pimpinan BINUS University International (27/5) di kampus BINUS @Senayan JWC. 

Turut hadir dalam acara ini, National President of Indonesia Australia Business Council (IABC), Mr. George Iwan Marantika, serta Founder & Managing Director Nurture Higher Education Group, Mr. Stephen Healy.

“Kolaborasi akademik antara BINUS dengan La Trobe tentunya akan semakin memperkuat kualitas lulusan jurusan Computer Science dan Business Information Systems dalam memenuhi kebutuhan industri nasional dan global. Didukung dengan kurikulum berbasis kompetensi yang diperkuat dengan keterlibatan industri serta pengalaman belajar di dua kampus berbeda, BINUS dan La Trobe), lulusan BINUS akan memiliki pengalaman internasional yang dapat menjadi nilai tambah dan keunggulan kompetitif untuk bersaing di perusahaan global atau menjadi wirausahawan dengan pola pikir global. Sebagai wirausahawan, pola pikir global sangat diperlukan untuk memperluas skala usaha yang pada gilirannya akan berkontribusi secara nyata bagi perekonomian Indonesia. Mempunyai gelar tambahan dari universitas luar negeri dalam hal ini La Trobe, juga menjadi kredensial tambahan bagi lulusan untuk berkompetisi dalam pasar kerja global,” ujar Drs. Andreas Chang, M.B.A

 

“La Trobe University sangat bangga dapat bekerja sama dengan BINUS yang dikenal karena keunggulannya dibidang Teknologi Informasi dan Transformasi Digital. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan inisiatif kerja sama ini. La Trobe sebagai universitas paling inovatif di Australia berkolaborasi dengan BINUS, pastinya akan melahirkan sumber daya manusia yang berwawasan global dan penuh inovasi,” tegas Prof. Amalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement