Jumat 19 May 2023 11:11 WIB

Halal Bi Halal Bersama Warga Manado, Ganjar Sampaikan Pesan Toleransi

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasruddin Umar juga turut hadir dalam kegiatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang berada di Kota Manado, menghadiri halal bi halal itu pada Kamis sore. Kedatangan Ganjar pun disambut antusias warga Manado.  Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasruddin Umar juga turut hadir bersama Ganjar.
Foto: Dok. Web
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang berada di Kota Manado, menghadiri halal bi halal itu pada Kamis sore. Kedatangan Ganjar pun disambut antusias warga Manado. Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasruddin Umar juga turut hadir bersama Ganjar.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara menggelar halal bi halal dan silaturahmi di Lapangan Sparta Tikala, Kota Manado pada Kamis (18/5/2023). Kegiatan tersebut diikuti ribuan warga Kota Manado, terdiri dari kalangan pelajar, santri dan masyarakat umum. Dilansir dari Antara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang berada di Kota Manado, menghadiri halal bi halal itu pada Kamis sore. Kedatangan Ganjar pun disambut antusias warga Manado.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasruddin Umar juga turut hadir bersama Ganjar.

Baca Juga

"Kebetulan Pak Olly lagi ada acara halal bi halal sehingga saya diundang ke sini. Penceramahnya juga hebat Imam Besar Masjid Istiqlal Pak Nasaruddin Umar dan bagus sekali isinya," ujar Ganjar usai halal bi halal.

Ganjar menyebut, Kota Manado merupakan salah satu daerah percontohan toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Itu karena, hubungan yang terjalin sejak lama antar masyarakat Sulawesi Utara, khususnya Manado yang berbeda-beda keyakinan dapat berlangsung dengan begitu harmonis.

"Tadi menceritakan kisah-kisah pada masa lalu dan dikaitkan dengan nilai-nilai kebaikan, apakah itu yang ada di agama Islam maupun Kristen. Ternyata banyak nilai-nilai yang memang cocok apalagi kalau urusannya sudah kemanusiaan, 

Berdasarkan hal tersebut, Ganjar menyebut Kota Manado adalah Indonesia Kecil karena mampu merepresentasikan indahnya keberagaman dan perbedaan yang menyatukan seluruh warganya.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pun mendorong, agar harmonisasi yang telah terbangun di masyarakat Sulawesi Utara dapat terus dijaga dan dirawat.

"Satu pesan yang sangat bagus, Manado, Sulawesi Utara memang merepresentasikan provinsi atau kota yang sangat toleran ya. Itu memberikan semangat kepada untuk lalu merawat terus ya," ucap Ganjar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement