Rabu 17 May 2023 21:37 WIB

Mental Pemenang yang Ditularkan Erick Thohir Dinilai Mampu Bawa Timnas Raih Medali Emas

Erick Thohir dinilai menciptakan perubahan culture set menjadi lebih baik.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dinilai berperan dalam menularkan mental pemenang kepada Timnas Indonesia U-22 hingga memenangkan medali emas SEA Games 2023.
Foto: Dok Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir dinilai berperan dalam menularkan mental pemenang kepada Timnas Indonesia U-22 hingga memenangkan medali emas SEA Games 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjadi juara dan meraih medali emas di SEA Games 2023 membuat banyak pihak bergembira. Menurut Dr. Nurhadi Susanto, S.H., M.Hum, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumberdaya Manusia Universitas Gajah Mada, kesuksesan Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skors 5-2 di laga final tak lepas dari tingginya mental juang. Ia menilai banyak aspek yang membuat mental juang Timnas Indonesia U-22 tinggi, salah satunya adalah adanya talent pooling yang dibentuk PSSI.

Nurhadi berkata, selama ini permasalahan yang dialami atlet termasuk pemain sepak bola adalah mental block. Dengan masuk ke talent pooling yang dibentuk PSSI, perlahan-lahan mental block yang kerap menjadi momok atlet sepak bola yang berasal dari berbagai klub sepak di Indonesia, perlahan-lahan.

"Dengan dikikisnya mental blok tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 memiliki daya juang yang tinggi hingga akhir pertandingan dan memenangkan emas untuk cabang olahraga sepak bola di Sea Games 2023," kata dia.

Faktor lain yang turut membuat tingginya mental juang Timnas Indonesia U-22 adalah organisasi PSSI yang sudah mulai tertata dengan baik. Dari tingkat yang paling tinggi hingga level terendahnya. Dengan restrukturisasi organisasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, menciptakan perubahan culture set menjadi lebih baik.

 

Diakui Nurhadi, pengurus PSSI terdahulu sudah membuat pondasi yang baik. Dengan masuknya Erick mampu mempercepat perubahan culture set di PSSI menjadi lebih baik lagi.

“Apalagi Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu memberikan sentuhan psikologis kepada pemain dan pelatih sebagai satu tim menjadi poin penting dalam bertanding. Tentunya teknis dan fisik juga turut membantu Timnas Indonesia menjuarai babak final sepak bola Sea Games 2023,” kata Nurhadi.

Sentuhan psikologis kepada pemain dan pelatih yang dilakukan Erick, menurut Nurhadi sangat efektif meningkatkan semangat juang Timnas Indonesia. Perubahan sikap yang saat ini mendominasi di PSSI menurut Nurhadi tak lepas dari pengaruh Ketua Umum PSSI. Saat ini tinggal bagaimana negara melalui PSSI memberikan dukungan, apresiasi dan support yang lebih kepada pemain dan pelatih yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, karena sport tanpa support dinilai percuma.

“Mental juara yang tinggi dari Timnas Indonesia merupakan bagian dari keberhasilan transformasi yang dilakukan Erick di PSSI. Memang pengurus PSSI yang lama telah membuat pondasi yang baik dan dilanjutkan oleh Erick," kata dia.

Dia berkata, pendekatan yang dilakukan Ketua PSSI saat ini tentu berbeda dengan pengurus sebelumnya. Erick yang memiliki latar belakang pemilik klub sepak bola besar pasti memiliki pendekatan yang berbeda dengan pengurus sebelumnya.

Dalam olahraga semangat sportifitas sifatnya universal. Semangat tersebut yang diterapkan Erick di PSSI. "Selama ini kita kerap menempatkan atlet dan pelatih yang berprestasi tidak pada posisi yang pas. Erick nampaknya mengetahui persis bagaimana menempatkan atlet dan pelatih yang berprestasi di posisi sebenarnya. Sehingga saat ini support atas prestasi Garuda Muda sangat dinantikan,” ucap Nurhadi.

Mental juang tinggi yang ditunjukan Timnas Indonesia menurut Nurhadi juga dapat diterapkan seluruh insan BUMN. Sehingga nantinya akan semakin banyak BUMN yang memiliki kinerja yang baik. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, saat ini masih ada 13 perusahaan pelat merah yang masih merugi. Meskipun demikian, pendapatan konsolidasi BUMN pada kuartal I-2023 menyentuh Rp 730 triliun, naik 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang Rp 630 triliun.

Pada 2022, BUMN laba bersih BUMN secara konsolidasi mencapai Rp 303,7 triliun. Dengan demikian, terdapat kemungkinan peningkatan laba yang sangat signifikan sebesar Rp 179 triliun. Dengan lama yang terus meningkat tersebut diperkirakan negara akan mendapatkan dividen tak kurang dari Rp 80,2 triliun.

Menurut Nurhadi, penerapan AKHLAK di BUMN ini menjadi sangat penting. Sejatinya antar BUMN harus dapat saling berkompetisi. Namun memiliki mencapai tujuan yang sama yaitu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi negara dan masyarakat.

"Kompetisi yang sehat itu harus dilandasi sportifitas, sehingga menjadi sangat penting untuk dapat tumbuh bersama," ucap dia.

Namun ketika dalam berkompetisi ditemukan ada ketimpangan, maka diharapkan BUMN yang mampu dapat membantu. Di dalam government entrepreneurship pasti ada penyertaan modal negara yang berbeda-beda. Meski demikian BUMN harus memiliki atmosfer yang sama yaitu memberikan kontribusi positif kepada negara dan masyarakat.

“Kunci yang dilakukan Erick di BUMN adalah membangun kultur positif yang dominan dan dapat ditularkan ke semua unit BUMN lain. Jika atmosfernya sama maka akan dengan mudah untuk dikembangkan. Menurut saya Erick sangat cerdas membaca ini. Ia dapat membaca dengan cerdas karena berasal dari entrepreneur,” kata Nurhadi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement