Rabu 17 May 2023 19:22 WIB

Ratusan Pelajar SMK di Gresik Ikuti Pelatihan Menulis dari GGN

Tujuan digelarnya kegiatan itu untuk mengasah bakat para peserta.

Gus Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur menggelar pelatihan penulisan kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jalan Raya Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Gus Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur menggelar pelatihan penulisan kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jalan Raya Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Sukarelawan Gus Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur menggelar pelatihan penulisan kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jalan Raya Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/5/2023). 

Acara itu dipandu langsung oleh  Imam Fawaid. Melalui paparan materinya, Imam menyampaikan mengenai bagaimana tips dan trik menjadi seorang penulis dalam ruang digital. 

Baca Juga

Perwakilan GGN Jatim Nadhruna'im Abdilah mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan itu untuk mengasah bakat para peserta agar memiliki bekal keterampilan dalam penulisan. 

"Jadi, berdaya saing di dalam dunia global ini karena semakin banyak kompetisi di bidang media massa. Apalagi ini sekarang era modernisasi, di era digital ini sangat sekali menunjang di mana penulisan itu bisa diterbitkan di media online dan bisa dikenal secara luas," ujar pria yang akrab disapa Na'im tersebut. 

 

Tak hanya berguna sebagai pengetahuan di bidang pendidikan, Na'im juga berharap nantinya pelatihan itu bisa membawa para peserta menjadi seorang penulis profesional seperti penulis novel, copy writer, penulis puisi dan sebagainya. 

"Harapan kami dari tim GGN bagaimana tidak hanya bisa menulis terkait apa hal secara pendidikan, lebih dari itu bahwa pelajar SMK ini nanti diharapkan bisa menulis tentang kreativitas proses-proses yang ada di dalam dirinya kemudian bisa diorbitkan dalam media-media," kata Na'im. 

"Terutamanya mempersiapkan mereka untuk berdaya saing di kompetisi global dalam bidang kepenulisan," lanjut dia. 

Para pelajar SMK yang pada tahun 2024 sudah memiliki hak pilih itu tampak sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Hal itu sudah terlihat sejak awal acara di mana mereka sudah mempersiapkan peralatan menulis untuk latihan. 

Selain itu, mereka juga aktif untuk bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung. Kemudian mereka mendengarkan dengan seksama setiap untaian jawaban yang disampaikan pemateri. 

Salah seorang peserta bernama Nala mengaku sangat senang bisa mengikuti acara yang dihelat sukarelawan. Menurut dia, acara itu sangat seru dan bermanfaat. Terlebih menjadi seorang penulis merupakan cita-cita yang diimpikan oleh Nala. 

"Acara ini sangat seru dan menarik. Bagi saya yang bercita-cita menjadi penulis ya sangat bermanfaat. Harapan saya bisa menjadi penulis yang baik," ucap Nala. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement