Selasa 16 May 2023 21:45 WIB

BCC Berikan Tips Sukses Ikut Program MSIB Kampus Merdeka Angkatan 5

Program MSIB yang diusung pemerintah ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa

BSI Career Center (BCC) sebagai Lembaga karier tentu akan mempersiapkan dan memfasilitasi karier mahasiswa dan alumni Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). BCC selalu mendorong dalam mengembangkan skill, knowledge, dan attitude kepada mahasiswa agar mampu menjawab tantangan zaman. Salah satunya adalah Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka besutan Kemendikbud.
Foto: dok Universitas BSI
BSI Career Center (BCC) sebagai Lembaga karier tentu akan mempersiapkan dan memfasilitasi karier mahasiswa dan alumni Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). BCC selalu mendorong dalam mengembangkan skill, knowledge, dan attitude kepada mahasiswa agar mampu menjawab tantangan zaman. Salah satunya adalah Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka besutan Kemendikbud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BSI Career Center (BCC) sebagai Lembaga karier tentu akan mempersiapkan dan memfasilitasi karier mahasiswa dan alumni Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). BCC selalu mendorong dalam mengembangkan skill, knowledge, dan attitude kepada mahasiswa agar mampu menjawab tantangan zaman. Salah satunya adalah Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka besutan Kemendikbud. 

Program MSIB yang diusung pemerintah ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen dan perguruan tinggi, khususnya Universitas BSI. Di mana program MSIB membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya di dunia kerja/industri.

Wulan Aprilia selaku Alumni Program Magang Kementrian ATR/BPN mengatakan untuk mengawali karier sejak dini, mahasiswa dapat mengambil kesempatan untuk mengikuti program MSIB. Banyak manfaat yang diperoleh dengan mengikuti program MSIB. “Mahasiswa yang ingin punya pengalaman kerja, maka bisa ikut program magang. Salah satunya program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Angkatan 5. Banyak sekali manfaat dan dampak sebagai alumni MSIB, yaitu perusahaan mulai menjadikan alumni MSIB sebagai prioritas rekrutmen dibandingkan dengan yang tidak mengikuti program MSIB. Selain itu, waktu tunggu alumni MSIB lebih cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah,” ujar Wulan. 

Berikut ini beberapa tips sukses ikut program MSIB yang dibeberkan oleh Wulan: 

1. Pastikan Memenuhi Persyaratan 

Baik program magang atau studi independent bersertifikat, pastikan kalian sudah memenuhi semua persyaratan terkait administrasi. Semua persyaratan tersebut bisa cek di website Kampus Merdeka https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan informasi lebih detailnya. 

Selain persyaratan dari Kampus Merdeka, terdapat juga persyaratan dari administrasi dari Kampus yang harus dipenuhi.

2. Perbaiki CV, Portofolio, Linkedin dan Media Social Sebaik Mungkin 

Agar CV serta portofolio kita tidak kosong melompong, maka tips berikutnya bisa dilakukan dengan cara aktif mengikuti berbagai perlombaan, mengikuti berbagai orgaisasi dan volunter baik di dalam maupun di luar kampus. Linkedin dan media social juga bisa menjadi tolak ukur dalam penilaian perusahaan. Dimana Media social bisa diakses oleh siapapun. Baik buruknya isi media social kalian akan mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap diri kalian. Jadi perbaikilah media socialmu dari sekarang.

3. Ikuti Course yang Meningkatkan Skill 

Aktivitas course pastinya banyak sesi praktik yang pastinya bisa menjadi ajang melatih skill dan membantumu memahami langsung materi secara langsung.

4. Meningkatkan Nilai IPK di Atas Rata-Rata 

Supaya kita dapat memenuhi persyaratan administrasi dari kampus Universitas BSI, maka mengingkatkan IPK menjadi point penting untuk mendaftar program MSIB. Tujuannya agar mahasiswa yang dikirimkan oleh Universitas BSI adalah hanya mahasiswa terbaik.

5. Junjung Tinggi Attitude Dimanapun Berada

Ada istilah di dunia usaha dan industri yakni Attitude more than Skill. Attitude adalah salah satu faktor esensial penentu kesuksesan seseorang di dunia kerja. Untuk itu, attitude adalah salah satu yang harus kamu persiapkan sejak awal.

6. Keep Try for Apply 

Kenapa? karena akan ada banyak reject dalam pelamaran magang. Jadi teruslah mencoba untuk melamar ke mitra Kampus Merdeka. Cara yang dapat dilakukan yakni mencari tahu apa Kamu bisa mencari tahu tentang kredibilitas perusahaan melalui laman Kampus Merdeka. Carilah beragam informasi tentang industri/perusahaan yang dituju. Contohnya terkait dengan bidang usahanya, budaya kerjanya, termasuk apakah mereka sudah pernah bergabung sebelumnya dalam program MSIB atau malah sebaliknya, baru bergabung dengan program ini. 

7. Tinggikan Rasa Percaya Dirimu 

Jadilah penyemangat untuk dirimu sendiri. Bicaralah hal-hal yang baik kepada diri karena pada akhirnya kamulah penyemangat terbaik untuk dirimu sendiri. Kemudian hal lain yang perlu dilakukan adalah jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. Begitu juga sebaliknya, bantulah orang lain saat ada yang membutuhkan.

Itulah 7 tips sukses ikut program MSIB yang bisa membantu menjawab tantangan ke depan. Generasi muda harus punya semangat dan berani menjawab tantangan masa depan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement