Senin 15 May 2023 17:00 WIB

Alumni FK Unsrat Gelar Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan di Ambon

Bakti Sosial Alumni FK Unsrat membangun optimisme dan meningkatkan kesejahteraan.

Ilustrasi bakti sosial.
Foto: Dokumen
Ilustrasi bakti sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (FK Unsrat) Ambon melakukan bakti sosial dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

"Bakti sosial alumni FK Unsrat yang ada di Maluku dilakukan dalam rangka Dies Nataliske-64 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, dengan agenda penyuluhan kesehatan, pemeriksaan mata dan pemeriksaan gizi anak atau skrining stunting," kata Kordinator Alumni FK Unsrat di Maluku, dr.Robby Kalew, di Ambon, Senin (15/5/2023).

Baca Juga

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih alumni FK Unsrat untuk masyarakat Maluku.

Kegiatan bakti sosial dimulai dengan ibadah bersama Jemaat GPM Waimahu, sekaligus penyuluhan kesehatan oleh dr.Samuel Wagiu dengan topik Hipertensi dan Stroke, juga dr.Ninoy Mailoa dengan topik Bedah Vaskuler.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan mata yang bekerja sama dengan Ikatan Profesi Optometris Indonesia Wilayah Maluku.

Pemeriksaan mata kali ini, juga disertai dengan membagikan 150 kaca mata baca bagi warga berusia 40 tahun ke atas yang memerlukan kaca mata baca, dan juga skrining penderita katarak dan pengobatan bagi penyakit mata lainnya oleh dr.Daniel Siegers.

Selain itu juga pemeriksaan gizi anak atau skrining kekerdilan bagi bayi baru lahir hingga anak berusia 12 tahun, dilakukan dokter spesialis anak, dr.Robby Kalew bersama dokter umum lainnya.

Pada pemeriksaan ini dibagikan lebih dari 100 botol multi vitamin yang baik untuk bayi dan anak.

Kegiatan bakti sosial ini dihadiri sejumlah dokter spesialis alumni FK Unsrat Manado yg berada di Maluku, di antaranya, spesialis saraf, anak, mata, patologi anatomi, bedah dan bedah vaskuler dan spesialis kulit dan kelamin.

Selain itu juga beberapa alumni dokter umum yg bertugas sebagai kepala Puskesmas yg berada di Kota dan di RS Siloam Ambon.

Ia menambahkan, alumnus FK Unsrat tahap selanjutnya akan melaksanakan kegiatan bakti sosial yang dipusatkan di desa Liang Maluku Tengah, sekaligus upaya promosi pariwisata Maluku.

"Kegiatan yang dilakukan merupakan gerakan hati para alumni untuk berbuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat Maluku," kata Robby.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement