Jumat 12 May 2023 21:14 WIB

Pewarta Foto Republika Juara di Ajang APFI 2023

Karya Thoudy terpilih sebagai pemenang kategori Foto Tunggal Terbaik Kategori Sport.

Rep: Edwin Dwi Putranto/ Red: Mas Alamil Huda
Pewarta Foto Republika Thoudy Badai berhasil memenangkan penghargaan di ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023.
Foto: Dok Republika
Pewarta Foto Republika Thoudy Badai berhasil memenangkan penghargaan di ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pewarta Foto Republika Thoudy Badai berhasil memenangkan penghargaan di ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023. Dalam ajang tahunan itu, foto dari event MotoGP Mandalika karya Thoudy terpilih sebagai pemenang untuk kategori Foto Tunggal Terbaik Kategori Sport.

Acara penganugerahan pemenang APFI 2023 dilangsungkan di kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/5/2023). Thoudy bersyukur atas prestasi yang diraihnya tersebut. "Terima kasih kepada Republika yang telah memberikan saya kesempatan untuk berkarya sebagai jurnalis foto," katanya, Jumat (12/5/2023).

Ketua Umum PFI Nasional Reno Esnir menjelaskan, APFI 2023 menyeleksi 2.512 karya foto yang masuk yang dihasilkan oleh 300 wartawan di Indonesia. "Dewan juri memilih 13 foto terbaik dari 7 kategori," kata Reno. 

photo
Pebalap MotoGP Alex Rins terjatuh saat GP Mandalika 2022. - (Thoudy Badai)

APFI merupakan ajang penghargaan tertinggi untuk insan wartawan foto di Indonesia. Penyelenggaraan APFI menampilkan sejumlah peristiwa bersejarah yang direkam oleh pewarta foto dan jurnalis warga di setiap tahunnya. Dewan juri terdiri dari pewarta foto, jurnalis senior, praktisi fotografi, atau akademisi akan memilih ribuan foto-foto yang diseleksi menjadi yang terbaik selama satu tahun terakhir.

Tujuan dari agenda ini menurut Reno adalah untuk memberikan apresiasi kepada pewarta foto yang telah menunaikan fungsinya dalam membuat karya jurnalistik. Foto-foto penerima APFI 2023 dapat dinikmati di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur dari 12 Mei hingga 18 Mei 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement