Jumat 12 May 2023 17:37 WIB

Soal Rencana Bertemu dengan SBY, Prabowo: Insya Allah

Menurut Prabowo, Gerindra harus berkomunikasi dengan semua pihak menyambut 2024.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: dok. istimewa
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto dilaporkan bakal melakukan pertemuan dengan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Prabowo tak membantah kabar itu. "Insya Allah (bertemu SBY jadi)," kata Prabowo di Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Meski begitu, Prabowo enggan menjelaskan lebih rinci mengenai rencana pertemuan tersebut. Dia hanya menyebut, silaturahim politik dengan berbagai pihak harus dilakukan menjelang Pemilu 2024. "Kita harus komunikasi dengan semua pihak," ujar Prabowo singkat.

Deputi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution, mengatakan, silaturahim antara partai politik merupakan hal yang baik. Partai Demokrat sudah dikunjungi oleh Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Rencananya akan ada pertemuan antara SBY dan Prabowo. Meski begitu, ia belum dapat mengonfirmasi waktu dan tempat pertemuannya.

"Partai Demokrat, PKS, dan Nasdem berkumpul dalam Koalisi Perubahan. Partai Golkar dan PKB juga membuka hati bersilaturahim ke Demokrat dan Pak SBY. Rencananya Gerindra pun akan lakukan hal (silaturahim) yang sama. Inilah koalisi besar untuk bangsa," ujar Syahrial saat dihubungi di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Menurut dia, smua partai politik seharusnya saling menghormati seluruh potensi anak bangsa jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pasalnya, partai politik memiliki independensi dan negara tak bisa diurus oleh satu atau dua kelompok saja.

"Parpol yang eksklusif, mau menang sendiri, berprinsip the winner takes all akan sulit diajak musyawarah untuk kebaikan bangsa. Jangan-jangan ada beban ideologis yang sengaja dilindungi? Semua serba mungkin," ujar Syahrial.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Prabowo memang akan bersilaturahim sejumlah tokoh politik, termasuk dengan SBY. "Bahwa kemudian ada rencana itu iya, tapi untuk realisasi pertemuannya saya belum dapat kabar pasti untuk kapan di mananya," ujar wakil ketua DPR itu.

Sebelumnya, sebuah media melaporkan jika niatan Prabowo bertemu SBY mendapat respons negatif dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal yang sama juga diterima Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang sempat sowan ke SBY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement