Jumat 12 May 2023 09:11 WIB

Bagikan Alat GPS dan Luncurkan Website, KST DKI Jakarta Dorong Kemudahan untuk Sopir Truk

Ini merupakan perangkat navigasi berbasis satelit untuk melacak kecepatan truk.

KST memberikan penjelasan cara menggunakan GPS kepada para sopir truk DKI Jakarta.
Foto: Dok. Web
KST memberikan penjelasan cara menggunakan GPS kepada para sopir truk DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA TIMUR - Sukarelawan Komunitas Sopir Truk (KST) DKI Jakarta menyerahkan sejumlah bantuan GPS (Global Positioning System) dan meluncurkan website KST untuk memudahkan pekerjaan para pengemudi truk. 

Penyerahan alat GPS yang dilakukan di Garasi Truk Arsi Express, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu mendapat respons positif dari pengemudi truk.

Baca Juga

Ketua KST DKI Jakarta Dukung Ganjar, Amirul Amin, GPS merupakan perangkat navigasi berbasis satelit untuk melacak lokasi dan kecepatan truk.

Amin mengklaim GPS itu memiliki banyak manfaat bagi para pengemudi truk ketika bekerja. Salah satunya saat mesin mengalami masalah.

"Balik ke belakang itu dari keluhan-keluhan sopir, keluhan-keluhan yang punya mobil lah, terutama untuk mereka minta GPS kami bagikan supaya mereka bisa mantau secara on time kondisi mobil mereka ada di mana gitu," ucap Amin, seperti dilansir pada Jumat (12/5/2023). 

Pada kesempatan itu, KST juga meluncur website www(dot)kstindonesiajaya(dot)com. Laman resmi KST itu bisa diakses para pengemudi truk di berbagai daerah Indonesia

Laman itu berisi segudang fitur seperti literasi keselamatan berkendara, informasi jual beli spare part, kondisi lalu lintas, maksimal muatan, menambah relasi antar daerah, dan lain-lain.

"Jadi, website itu ada untuk member area, ada toko-toko spare part yang sudah kami rekomendasikan, member area itu sopir-sopir bisa memberikan info terus juga bisa mengasih informasi dari sopir-sopir lain atau mungkin dari komunitas sendiri," ungkap Amin.

Saparudin (51 tahun) selaku sopir truk menjelaskan GPS ini bisa dimanfaatkan salah satunya menemukan rute terbaik menuju tempat tujuan.

Dia bersama sopir truk lainnya mengharapkan gebrakan positif dari KST DKI Jakarta dukung Ganjar, sehingga bisa mensejahterakan pengemudi truk.

"Itu kalau menurut saya membantu sekali mas karena kadang-kadang kan ada juga teman-teman driver sopir truk yang belum apal jalan yang belum ini suka bertanya sama saya ini kalau jalan ini ke mana lewat mana ini sangat membantu sekali," ungkap Saparudin.

Kegiatan merangkul rekan seprofesi bukan kali pertama ini dilakukan KST. Sebelumnya, mereka menjalin silaturahmi dan memberikan sejumlah bantuan kepada rekan sesama sopir truk di pul yang berada di Jalan Ki Asmaran, Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Tangerang, Banten.

Herman selaku koordinator KST wilayah Banten mengatakan pihaknya ingin membuktikan kepedulian terhadap para pekerja sopir.

"Dalam kegiatan ini, kami memberikan alat las dan mesin steam," ujar Herman. Selain itu, mereka juga memberikan bingkisan kepada sopir, montir, dan warga sekitar, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement