Kamis 11 May 2023 13:58 WIB

Nasdem: 11 Tanggal Kelahiran, 5 Nomor Urut Partai

Politikus Nasdem sebut angka 11 merupakan tanggal kelahiran dan 5 nomor urut partai.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah simpatisan memeriahkan pendaftaran bakal calon legislatif Partai Nasdem di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023). Partai Nasdem resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif untuk DPR RI pada Pemilu 2024 dengan kurang lebih 33 persen kuota perempuan terpenuhi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah simpatisan memeriahkan pendaftaran bakal calon legislatif Partai Nasdem di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023). Partai Nasdem resmi mendaftarkan 580 bakal calon legislatif untuk DPR RI pada Pemilu 2024 dengan kurang lebih 33 persen kuota perempuan terpenuhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DKI Jakarta mendaftarkan calon legislatif (caleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, Kamis (11/5/2023) siang. Dari jumlah 106 caleg yang didaftarkan, Partai Nasdem menargetkan memperoleh belasan kursi.

Pengurus Partai Nasdem bersama kader dan anggotanya tiba di Kantor KPU DKI Jakarta pada sekira pukul 10.45 WIB. Mereka berjalan kaki dari Kantor DPW Nasdem DKI Jakarta sejauh sekitar 1,3 kilometer (km). Saat tiba di Kantor KPU DKI Jakarta, ada jajaran Partai Demorasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta yang baru saja selesai mendaftarkan caleg mereka.

Baca Juga

Para pimpinan Partai Nasdem, diantaranya Ketua DPW NasDem DKI Jakarta Nurcahyo Anggorojati dan Ketua Fraksi Nasdem Nova Harivan Palong bersalaman dengan pimpinan PDIP DKI Jakarta seperti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Aji Wijaya dan Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono.

Ketua DPW NasDem DKI Jakarta Nurcahyo Anggorojati mengungkapkan bahwa agenda mendaftarkan caleg ke KPU DKI Jakarta pada Kamis (11/5/2023) merupakan hari yang spesial.

"Saya mau ceritakan sedikit bahwa tanggal 11 itu merupakan hari ulang tahun partai kami. Sedangkan bulan Mei adalah bulan lima merupakan nomor urut partai kami jadi ini merupakan bisa saja dikatakan tanda-tanda bagi kami untuk mendaftakan di KPU ini," kata Nurcahyo dalam konferensi pers di KPU DKI Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Nurcahyo bercerita pula mengenai alasan berjalan kaki dari Kantor DPW DKI Jakarta ke Kantor KPU DKI Jakarta. Dia mengungkapkan ada beberapa makna dari hal itu.

"Pertama, adalah bahwa kita ingin kampanye sehat bahwa kita sebagai politisi harus mempunyai badan kuat sehingga kita dapat memenuhi undangan-undangan dari para konstituen sebagai partai maupun caleg nantinya," ungkapnya.

Adapun makna kedua yakni mengenai arti kebersamaan dan kolaborasi yang ditunjukkan kepada masyarakat melalui aksi jalan kaki. "Kita ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa Partai Nasdem adalah partai yang luar biasa yang konsen terhadap kebersamaan itu," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Nurcahyo menjelaskan bahwa Partai Nasdem DKI Jakarta mendaftarkan sebanyak 106 anggotanya untuk maju ke kursi DPRD DKI Jakarta. 36 persen diantaranya sudah memenuhi kuota perempuan.

"Itu semua dari berbagai latar suku, agama, etnis, dan lain-lain Alhamdulillah inilah yang kita maksud egaliter dan gerakan perubahan di partai kami yang dapat kami laksanakan dengan baik," tutur dia.

Nurcahyo berharap para caleg yang didaftarkan ke KPU DKI Jakarta dapat berperan ssbagai lakon dalam pesta demokrasi tahun depan. Diantaranya dapat menunjukkan program-program yang baik kepada masyarakat saat berkampanye.

Dari jumlah 106 caleg yang didaftarkan, Nurcahyo menargetkan ada belasan kursi yang bisa diperoleh. Dia optimistis bakal tercapai karena seiring dengan klaim bahwa belakangan ini Nasdem mengalami peningkatan suara dalam survei, ditandai dari pendaftaran caleg.

"Target kursi kami adalah kami tentunya dalam tahun 2024 nanti ingin mengusung gubernur atau kepala daerah sendiri dari jakarta maka kami ingin sebesar besarnya mudah mudahan kami bisa di atas 15 kursi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement