Kamis 11 May 2023 12:15 WIB

KTT Ke-42 ASEAN Diprediksi Tingkatkan Wisatawan ke Labuan Bajo

Wisatawan ke Labuan Bajo diprediksi akan naik 10-20 persen lantaran gelaran KTT ASEAN

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
(Searah jarum jam, dari bawah) Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dan putrinya Tamarisa Vasconcelos, Wakil Perdana Menteri Thailand Don Pramudwinai, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dan istrinya Vandala Siphandone, Pangeran Brunei Abdul Mateen, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo dan istri Iriana, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istrinya Wan Azizah Wan Ismail, duduk di dek kapal pinisi saat acara sunset view di sela-sela KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur,  Rabu (10/5/2023).. Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09 hingga 11 Mei.
Foto: EPA-EFE/MAST IRHAM
(Searah jarum jam, dari bawah) Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dan putrinya Tamarisa Vasconcelos, Wakil Perdana Menteri Thailand Don Pramudwinai, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dan istrinya Vandala Siphandone, Pangeran Brunei Abdul Mateen, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo dan istri Iriana, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan istrinya Wan Azizah Wan Ismail, duduk di dek kapal pinisi saat acara sunset view di sela-sela KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).. Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09 hingga 11 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO --  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno melihat tren positif sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  Labuan Bajo pada tahun-tahun mendatang seusai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023. Pertemuan internasional negara-negara di Asia Tenggara itu juga memperkuat kesiapan tempat tersebut sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan internasional.

Kunjungan wisatawan akan meningkat dengan potensi peningkatan itu akan membantu mencapai target jumlah kunjungan wisatawan sebesar 8,5 juta orang pada 2023. “Labuan Bajo total kunjungan wisatawannya sebesar 300-350  ribu wisman. Mungkin akan naik 10-20 persen karena gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023,” kata Sandiaga.

Baca Juga

Untuk mencapai itu, Labuan Bajo akan didorong menjadi destinasi meeting, incentive, conference, exhibition (MICE) kelas dunia.  "Labuan Bajo siap menyelenggarakan event-event kelas dunia, seperti KTT ASEAN. Kami akan ikut bidding ke depan untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi MICE kelas dunia,” kata Sandiaga melalui siaran pers.

Sandiaga mengungkapkan, Kemenparekraf akan lebih banyak  mengadakan acara kelas nasional dan internasional di Labuan Bajo. “Oleh karena itu, kita akan pastikan event-event sepanjang tahun sebagai upaya kita di 2024 untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru tercapai,” ujar menteri pariwisata itu.

Menurut Sandiaga, Labuan Bajo merupakan destinasi yang unik  sekaligus spesial. Status ini melihat dari akomodasi yang beragam, hotel-hotel dan resor, kemudian didukung dengan homestay, sarana hunian pariwisata (sarhunta). Ada pula  desa  wisata, live on board (LOB) yang menjadi bagian dari atraksi.

"Ini yang perlu kita sosialisasikan dan edukasikan kepada wisatawan bahwa mereka memiliki opsi untuk akomodasi," ujar Sandiaga yang menegaskan kembali Labuan Bajo masuk  sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement