Selasa 09 May 2023 08:36 WIB

Duet Kiai Fathur dan Tom Mas'udi Pimpin DDII Jatim Periode 2023-2028

Pleno musyawarah DDII Jatim diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Ishlah, Bondowoso.

Kiai Haji Fathur Rohman dan Tom Mas
Foto: Dok Republika
Kiai Haji Fathur Rohman dan Tom Mas

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kiai Haji Fathur Rohman dan Tom Mas'udi dipercaya untuk memimpin kembali Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jawa Timur (DDII Jatim) masa bakti 2023-2028. Keputusan itu diambil dalam sidang pleno musyawarah DDII Jatim yang diselengarakan di Pondok Pesantren Al Ishlah, Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso pada tanggal 6-7 Mei 2023.

Wakil Bendahara DDDI pusat sekaligus salah seorang formatur, Ade Salamun, menjelaskan, keputusan itu diambil setelah melalui serangkaian persidangan di arena musyawarah. Sidang dimulai dengan sesi pembahasan tata tertib serta jadwal persidangan, laporan pertanggungjawaban (LPJ), tanggapan atas LPJ, sidang komisi, sidang pleno pemilihan formatur, dan terakhir rapat formatur.

"Akhirnya secara aklamasi Kiai Fathur dan Tom Mas'udi diputuskan sebagai ketua dan sekretaris, serta drg Widyastomo sebagai bendahara, dan H Ahmad Busyairi Mansur sebagai ketua majelis Pertimbangan Dewan Da'wah Provinsi Jawa Timur untuk periode 2023-2028. Mereka diberi waktu 30 hari untuk melengkapi struktur kepengurusan," kata Ade di Kota Surabaya, Provinsi Jatim, Selasa (9/5/2023).

Sebelumnya, forum musyawarah memilih lima orang formatur. Mereka adalah Ade Salamun dari unsur pengurus DDII pusat, Kiai Fathur Rohman dari pengurus demisioner, H Ahmad Busyairi mewakili majelis syura demisioner, H Suhadak dan H Muhammad 'Alim selaku ketua Dewan Da'wah Kota Probolinggo dan Kabupaten Magetan sebagai representasi dari pengurus kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kelima orang itulah yang memilih ketua, sekretaris, bendahara, dan ketua majelis syura.

Kiai Fathur Rohman dan Tom Mas'udi adalah duet ketua dan sekretaris DDII Jatim periode sebelumnya. Keduanya bersama seluruh jajaran pengurus melanjutkan kepengurusan almarhum H Sudarno Hadi berdasarkan SK Dewan Da'wah Pusat nomor: 009/S.Kep./KU-DD/1442 H 2021 M tanggal 15 Februari 2021.

"Kami berdua, bersama ketua majelis syura dan bendahara terpilih menghormati keputusan forum Musyawarah, dan akan seoptimal mungkin melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya seraya memohon pertolongan dan ridlo Allah subhanahu wata'ala. Kami juga mengajak seluruh pengurus dan keluarga besar Dewan Da'wah Jawa Timur untuk meneruskan usaha-usaha dakwah yang telah dirintis sebelumnya. Tugas Dakwah adalah tugas bersama, tugas kita semua bukan hanya tugas seorang ketua," kata Kiai Fathur.

Wakil Ketua DDII pusat Dr Imam Zamroji berharap agar pengurus baru nantinya bisa melaksanakan lima semangat Dewan Da'wah sebagai pengokoh akidah, penegak syariah, perekat umat, penjaga NKRI, dan pegiat solidaritas dunia Islam. "Kami yakin bahwa kepengurusan Kiai Fathur bisa mengaplikasikan lima spirit Dewan Da'wah bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat," kata Imam.

Pimpinan Ponpes Al Ishlah, KH Thoha Yusuf Zakaria bin KH Muhammad Ma'sum turut bersyukur atas lancar dan suksesnya acara musyawarah DDII Jatim. "Selamat kepada Kiai Fathur Rohman, Gus Tom, dokter Widi dan Haji Busyairi Mansur. Semoga diberi kemudahan dan mau'nah dalam mengemban amanah da'wah," kata alumnus Universitas Al-Azhar Kairo ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement