Kamis 04 May 2023 19:33 WIB

Pemprov DKI dan Pemkot Bogor Sepakat Tambah Rute Trans Pakuan dari Bogor ke Cibubur

Penambahan rute Trans Pakuan Bogor-Cibubur sedang dalam urus perizinan.

Pemprov  DKI dan Pemkot Bogor sepakat akan ada penambahan rute Trans Pakuan dari Bogor ke Cibubur.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemprov DKI dan Pemkot Bogor sepakat akan ada penambahan rute Trans Pakuan dari Bogor ke Cibubur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor berencana bekerja sama di bidang transportasi publik. Tujuannya untuk mempermudah mobilisasi warga yang tinggal di Jakarta dan Bogor.

Rencana kerja sama itu setelah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bertemu di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/5/2023). "Hari ini saya kedatangan tamu yang luar biasa Wali Kota Bogor dan ada beberapa hal yang kami bahas terkait dengan transportasi, kami sudah berdiskusi jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor akan difasilitasi oleh TransJakarta untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus TransJakarta," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

 

Heru menyebutkan saat ini Pemprov DKI sedang mengurus perizinan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait penyediaan bus TransJakarta di Cibubur. "Kami sepakat, ada penambahan layanan rute (Trans Pakuan) dari Bogor ke Cibubur (Jakarta). Kami menjemputnya, menyambungnya di Cibubur untuk masuk ke kota Jakarta (dengan TransJakarta). Saat ini kami sedang urus perizinannya ke BPTJ," ujar Heru.

 

PT TransJakarta juga akan berdiskusi untuk pembahasan lebih lanjut dengan Perumda Trans Pakuan milik BUMD Pemkot Bogor untuk menentukan titik terang koordinasi perpindahan mobilitas warga dari dua wilayah tersebut sehingga konektivitas Jakarta dan Bogor bisa ditingkatkan. "Kita ingin ada konektivitas antara Jakarta dan Bogor lagi, karena (kereta) komuter itu terbatas juga kapasitasnya, masih banyak yang menggunakan tol Jagorawi. Kalau dibantu dengan bus kan sangat efektif," ujar Heru.

 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan dukungannya atas rencana tersebut dan akan menindaklanjuti dengan proses yang lebih teknis. “Kita menyepakati untuk membicarakan teknisnya, tata caranya, dan juga isu yang akan diangkat nanti akan diturunkan ke panitia teknis,” jelas Bima Arya.

 

Ia juga menitipkan pesan, berkenaan dengan pembenahan Jembatan Otista di Bogor, maka diharapkan kepada warga Jakarta yang akan berkunjung ke Bogor untuk menyesuaikan jam kunjungannya dan memperhatikan informasi pengalihan arus. “Akan selesai di awal Desember, sekarang sedang ada penyesuaian arus padat agar macet bisa berkurang,” ucap Bima Arya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement