Sabtu 29 Apr 2023 21:27 WIB

Polisi Kembali Berlakukan One Way dari GT Kalikangkung

Arus lalu lintas dari Jawa Timur menuju Jakarta dan Jawa Barat melonjak pada sore.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Lida Puspaningtyas
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah dan Satlantas Polres Semarang kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way (satu arah) arus balik.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah dan Satlantas Polres Semarang kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way (satu arah) arus balik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Meski sempat terpantau melandai pada Sabtu (29/4) siang hingga menjelang sore hari, lalu lintas arus balik di ruas tol Trans Jawa, wilayah Jawa Tengahterpantau melonjak memasuki sore hari.

Hal ini membuat Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jawa Tengah kembali mengambil opsi untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah mulai dari KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 72 (GT Cikatama).

Baca Juga

Informasi yang diperoleh dari Bidhmas Polda Jawa Tengah, salah satu pertimbangan diberlakukannya kembali rekayasa lalu litas satu arah nasional ini adalah bangkitan arus dari arah Jawa Timur dan sekitarnya di ruas tol yang ada di Jawa Tengah.

“Artinya, sesuai dengan melaporkan perintah Korlantas Polri, rekayasa lalu lintas satu arah yang semula hanya diberlakukan mulai dari KM 188 Palimanan sampai dengan KM 72 Cikatama diperpanjang sampai KM 414 Kalikangkung,” jelas Kabidhumas Polres Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Rekayasa lalu lintas satu arah nasional dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 72 Cikatama akan dimulai sekitar pukul 20.35 WIB.

“Proses sterilisasi jalur, telah dilakukan mulai  pukul 19.09 WIB di jalur A,” jelasnya.

Sebelumnya, Kabidhumas Polda Jawa Tengah juga menyampaikan, pada Sabtu siang hingga enjelang sore hari, arus lau lintas di ruas tol terpantau masih lancar, kendati ada peningkatan jumlah kendaraan.

Berdasarkan parameter volume, kapasitas dan rasio kendaraan di GT Kalikangkung masih berkisar 3.000 kendaraan per jam hingga belum perlu direkomendasikan untuk rekayasa lalu lintas satu arah arus balik dari GT Kalikangkung.

Rekayasa lalu lintas satu arah hanya dilaksanakan mulai dari KM 188 Palimanan hingga KM 72 Cikatama. Kecuali contra flow yang dilakukan di depan Rest Area KM 389 Kendal, untuk mengurangi kepadatan kendaraan rest area tersebut.

Namun pada sore hari hingga menjelang malam hari bangkitan arus lalu lintas dari arah Jawa Timur menuju Jakarta dan Jawa Barat kembali mengalami lonjakan.

“Sehingga Korlantas Polri merekomendasikan diberlakukannya perpanjangan rekayasa lalu lintas satu arah di ruas tol mulai dari KM 414 GT Kalikangkung Semarang ini,” tambah kabidumas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement