Rabu 26 Apr 2023 13:11 WIB

Peran Prodi Ilmu Komputer untuk Indonesia Makin Cakap Digital

Prodi Ilmu Komputer memiliki peran penting dalam pengembangan teknologi informasi

Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer memainkan peran penting dalam memajukan kemampuan atau kecakapan digital di Indonesia.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer memainkan peran penting dalam memajukan kemampuan atau kecakapan digital di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer memainkan peran penting dalam memajukan kemampuan atau kecakapan digital di Indonesia. Ilmu komputer merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras maupun perangkat lunak.

Ilmu komputer itu sendiri juga memiliki berbagai cakupan dengan berbagai topik yang berkaitan dengan komputer. Dalam jurusan ini, akan mempelajari pula mengenai algoritma, matematika, logika, pemrograman, pembuatan software, database jaringan dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa peran Prodi Ilmu Komputer dalam upaya membuat Indonesia semakin cakap digital:

1. Mendukung pengembangan teknologi informasi dan komunikasi

Prodi Ilmu Komputer memiliki peran penting dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Dengan menawarkan kurikulum yang selalu diperbarui dan relevan dengan kebutuhan industri TIK, maka prodi Ilmu Komputer dapat menghasilkan lulusan yang siap untuk berkontribusi dalam pengembangan TIK di Indonesia.

2. Meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia TIK

Prodi Ilmu Komputer dapat membantu meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) TIK di Indonesia dengan melatih mahasiswa dalam berbagai keterampilan TIK seperti pemrograman, keamanan siber, data mining, dan pengembangan aplikasi. Prodi Ilmu Komputer dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja di industri TIK dan membantu meningkatkan ketersediaan SDM TIK di Indonesia.

3. Mendukung transformasi digital

Prodi Ilmu Komputer juga dapat mendukung transformasi digital di Indonesia. Dengan melatih mahasiswa dalam teknologi terbaru dan tren industri, Prodi Ilmu Komputer dapat membantu organisasi dan bisnis di Indonesia untuk mengadopsi teknologi digital dan memanfaatkannya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

4. Berkontribusi pada inovasi dan pengembangan produk digital

Prodi Ilmu Komputer dapat berkontribusi pada inovasi dan pengembangan produk digital di Indonesia. Melalui penelitian dan pengembangan, prodi Ilmu Komputer dapat menghasilkan ide-ide baru dan solusi teknologi yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah sosial dan ekonomi di Indonesia.

Menurut Dr Agus Subekti selaku Ketua Prodi Ilmu Komputer S2 Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, sebagai Kampus Digital Bisnis, Prodi Ilmu Komputer UNM memainkan peran penting dalam memajukan kemampuan digital Indonesia.

“Melalui pendidikan, pelatihan, dan penelitian, Prodi Ilmu Komputer dapat membantu meningkatkan ketersediaan SDM TIK, mendukung transformasi digital, dan berkontribusi pada inovasi dan pengembangan produk digital di Indonesia,” tutur Dr Agus.

Ia menjelaskan, UNM sudah menerima penerimaan mahasiswa baru (pmb) untuk perkuliahan bulan September 2023. Kali ini PMB UNM sudah memasuki Gelombang III dan akan berakhir pada 5 Juni 2023 mendatang. Untuk melakukan pendaftarannya, cukup mengunduh aplikasi MyNusa PMB di playstore secara gratis atau melalui website https://pmb.nusamandiri.ac.id/.

“Prodi Ilmu Komputer S2 UNM memiliki tiga peminatan yakni, peminatan Software Engineering, Data Mining dan Image Processing,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement