Selasa 25 Apr 2023 15:54 WIB

Banyak Partai Mulai Rapatkan Barisan, Ini Kata Ganjar

Akan ada beberapa partai politik yang juga akan mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Lida Puspaningtyas
Suasana open house Ganjar di Karanganyar, Senin (24/4/2023).
Foto: Republika/Alfian
Suasana open house Ganjar di Karanganyar, Senin (24/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo buka suara terkait kabar beberapa partai yang mulai merapat barisan. Diantaranya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang hari ini melakukan rapimnas di Sleman, Selasa (25/4/2023).

Hal tersebut disampaikan Ganjar ketika mengunjungi Solo Safari, Selasa (25/4/2023). Ia menjawab ketika ditanya soal beberapa partai seperti PPP, Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mulai merapat, Ganjar mengungkapkan bahwa PDIP yang akan menyiapkan konsolidasinya.

Baca Juga

"Iya, ya partai sedang menyiapkan konsolidasinya," kata Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar berharap bahwa proses komunikasi antar ketua umum partai yang akan mendukung dirinya menjadi capres berjalan lebih cepat.

"Mudah-mudahan komunikasinya lebih cepat," katanya.

Disinggung soal rapimnas yang hari ini dilangsungkan PPP dan dikabarkan akan membahas soal dukungan terhadap dirinya Ganjar mengungkapkan hanya akan menunggu hasil rapat tersebut.

"Ya kita tunggu saja keputusannya," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto sempat menyinggung aspek gotong royong, kesamaan agenda, hingga kedekatan dalam menjalin kerja sama politik. Salah satu contoh yang memenuhi aspek tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kantornya bersebelahan dengan Kantor DPP PDIP.

"PPP sebagai sesama partai yang termarjinalkan sesama Orde Baru dan kemudian kedekatan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan tokoh-tokoh dari PPP seperti Bapak Hamzah Haz, alamarhum Mbah Maimoen, dan sebagainya, tentu saja ini sebagai sebuah contoh," ujar Hasto.

Hasto juga mengatakan bahwa bandul politik akan bergerak setelah Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres). Ungkapnya, akan ada beberapa partai politik yang juga akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar dalam minggu-minggu ke depan.

"Setelah Ibu Megawati Soekarnoputri umumkan capres, maka berbagai kontak dengan parpol lain itu juga dilakukan, hanya kami mohon maaf tidak bisa sebutkan. Nanti kita tunggu saja, bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDI Perjuangan, Bapak Ganjar," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/4/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement