Selasa 25 Apr 2023 13:34 WIB

Hati-Hati Penyakit Mudik

PMI juga kerap memberikan bantuan pertama saat adanya kejadian lakalantas.

Salah satu Posko Siaga PMI DIY siap membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2022.
Foto: Dokumen
Salah satu Posko Siaga PMI DIY siap membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Para pemudik kerap mengalami sejumlah keluhan kesehatan yang perlu diwaspadai. PMI Kota Tangerang Banten menyebutkan, pemudik yang datang ke posko untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada umumnya mengeluhkan sakit kepala, mual, dan lemas.

"Karena cuaca dan juga kepadatan lalu lintas, pemudik mengeluhkan lemas dan sakit kepala. Kami sudah siapkan obat dan langsung diberikan kepada pemudik," kata petugas pelayanan PMI Kota Tangerang, Riza Dwi Rahmadalam keterangannya, di Tangerang, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga

Noro Pringgo selaku koordinator lapangan PMI Kota Tangerang menambahkan pihaknya tak hanya memberikan pelayanan di tempat, tetapi juga rujukan kepada pemudik yang membutuhkan penanganan khusus. Ia menjelaskan sudah ada ratusan pemudik yang dilayani sepanjang mudik Lebaran ini.

PMI juga kerap memberikan bantuan pertama saat adanya kejadian kecelakaan lalu lintas. Arus balik menjadi perhatian PMI yang sudah dimulai sejak awal pekan.

"Kami siagakan petugas apalagi saat proses arus balik ini," ujarnya.

Ketua PMI Kota Tangerang yakni Oman Jumansyah mengungkapkan, pihaknya sudah mendirikan enam Posko Siaga Lebaran, yaitu di Pos Terminal Poris Plawad, Pos Batuceper, Pos Robinson, Pos Jatiuwung dan Pos Rest Area 13,5 dan juga pos Markas PMI. PMI Kota Tangerang juga menyiagakan lima sampai enam personel, dan tiga mobil ambulans, dua mobil jenazah serta dua unit motor.

"Posko ini untuk membantu warga agar mendapatkan pelayanan dan melakukan perjalanan mudik dengan aman, sehat dan nyaman," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement