Jumat 21 Apr 2023 15:13 WIB

Ganjar Pranowo: Tugas Jadi Capres PDIP Jauh Lebih Berat

Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar sebagai capres PDIP pada Pemilu 2024.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati memberikan peci hitam kepada Ganjar Pranowo sebagai simbol deklarasi Capres PDIP di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2023).
Foto: Dok Republika
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati memberikan peci hitam kepada Ganjar Pranowo sebagai simbol deklarasi Capres PDIP di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyatakan, penugasan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024, bukanlah yang pertama baginya sebagai kader dan petugas partai. Tapi, menurut dia, penugasan kali ini merupakan jauh lebih berat daripada tugas sebelumnya yang pernah diembannya.

"Hari ini ibu mengumumkan, memberikan amanat kepada saya yang jauh lebih berat. Mudah-mudahan saya mampu. Insya Allah saya akan berjuang dengan baik soal itu sebagai Capres RI," kata Ganjar dalam pengumuman yang disiarkan secara daring tersebut di Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Dia menerangkan, penugasan untuk menjadi capres dari PDIP bukanlah penugasan yang pertama yang didapatkannya. Sebelum ini, Ganjar telah mendapatkan penugasan yang sudah dijalani, mulai dari membidani lahirnya Badiklat Pusat PDIP, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, dan Departemen Otonomi Daerah PDIP.

"Setelah itu penugasan berikutnya diberikan kepada saya untuk menjadi anggota DPR RI sampai dua periode. Dan sampai dengan hari ini masih dalam jabatan yang masih saya emban, Ibu Ketua Umum dan PDIP memberikan penugasan kepada saya sebagai gubernur Jawa Tengah dua periode," jelas Ganjar.

Dia menyampaikan, keputusan Megawati tersebut adalah sebuah keputusan yang diambil melalui proses yang amat panjang. Karena itu, penugasan tersebut adalah sebuah kehormatan bagi dia yang merupakan kader partai. Ganjar melihat tugas yang diberikan kepadanya kali ini bukanlah tugas yang mudah.

"Maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua baik secara luring maupun daring, ada kepala daerah, ketua DPD PDIP, DPC, PAC, ranitng, anak ranting, Satgas dan seluruh komponen partai yang lain kami mohon dukungan, kami mohon kritikan-saran. Inilah momentum buat kita untuk mengonsolidasikan kekuatan untuk bersatu. One for all, all for one," kata Ganjar.

Sebelumnya, Megawati mengumumkan nama Ganjar sebagai capres 2024 yang diusung PDIP. Ganjar selama ini menjadi yang terpopuler di berbagai survei nasional. "Menetapkan Ganjar Granowo yang saat ini sebagai Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement