Jumat 21 Apr 2023 06:11 WIB

600 Buruh di Kabupaten Tangerang Ikut Mudik Gratis GBB, Manfaatkan 10 Armada

Jawa Tengah jadi lokasi yang dituju para peserta mudik gratis ini.

Pelepasan ratusan pemudik ke Jaw Tengah oleh GBB, Kamis (20/4/2023).
Foto: Dok. Web
Pelepasan ratusan pemudik ke Jaw Tengah oleh GBB, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dalam momen menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H, kelompok Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengadakan 'Mudik Asyik' bersama ratusan buruh/pekerja di Kabupaten Tangerang. Dilansir dari Antara, Jumat (20/4/2023), Ketua Umum GBB Lukman Hakim menyatakan, pihaknya mengadakan 'Mudik Asyik Bersama GBB' bagi kaum buruh lewat kerja sama dengan Serikat Pekerja Nasional (SPN) di PT Pemi. Dari PT Pemi, pihaknya memberangkatkan 10 armada untuk mengangkut pemudik.

"Kami mengadakan mudik asyik bersama GBB. Malam ini,  kami bekerja sama dengan Serikat Pekerja Nasional (SPN) di PT Pemi memberangkatkan para buruh dari 10 armada ke Jawa Tengah," ujarnya.

Baca Juga

Lukman mengatakan, pihaknya menginisiasi mudik gratis ini karena kondisi perekonomian para buruh setelah diterpa pandemi Covid-19. Dengan adanya program andalan GBB ini, mereka bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman masing-masing.

"Karena kondisi kehidupan buruh, kemudian beban kehidupan buruh setelah diterpa dua tahun pandemi. Alhamdulillah teman-teman yang selama ini kesulitan untuk mudik kami bisa membantu dengan menyediakan armada bagi mereka dan keluarganya," ujarnya.

Menurut Lukman, sekitar 600 buruh bersama keluarganya meramaikan 'mudik asyik bersama GBB' ini. Melalui program ini. 

"Ada sekitar 600 orang yang ikut mudik asyik yang kami berangkatkan ke kampung halaman. Mudah-mudahan ini menjadi kabar baik," ucapnya.

Dalam mudik gratis kali ini, GBB memberangkatkan para buruh ke kampung halaman mereka di Jawa Tengah. Yaitu, Pekalongan, Semarang, Rembang, Solo Raya, Banyumas, Wonosobo, Yogyakarta, dan Magelang.

"Tujuannya di seluruh Jawa Tengah, terutama jurusan jalur Utara melewati Semarang sampai Solo Raya,  Purwodadi. Kemudian jalur Selatan ada Purworejo sampai Gunungkidul dan Yogyakarta," kata Lukman.

Lukman juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak manajemen PT Pemi yang menyediakan tempatnya sebagai titik pemberangkatan mudik gratis. Ini adalah bentuk kolaborasi antara manajemen, serikat pekerja dan GBB dalam membantu para buruh.

Diketahui, sebelum di PT Pemi, pada Rabu (19/4/2023), GBB juga sudah memberangkatkan tiga armada bus dari Islamic Center Jakarta utara.

GBB juga memperkenalkan Warung Ganjaran yang bekerja sama dengan Serikat Pekerja di beberapa perusahaan untuk menyediakan barang-barang kebutuhan buruh. 

"Kami juga membawa tenda Warung Ganjaran. Kami ingin berkolaborasi dengan teman serikat pekerja di perusahaan untuk menjalankan program ekonomi warung ganjaran yang ditujukan untuk penyediaan barang-barang kebutuhan hidup buruh," katanya.

Sugeng Widodo, peserta mudik dari PT Pemi, bersyukur bisa mudik tahun ini bersama keluarganya.

"Terima kasih untuk acara mudik asyik bareng GBB. Saya turut mengajak keluarga untuk mudik ke kampung halaman. Ini sangat membantu kita semua kaum buruh untuk bisa bersinergi dengan semua pihak," ujarnya. 

Sugeng mengatakan keluarganya sangat terbantu berkat adanya mudik asyik bareng GBB tersebut. Dia tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun selama perjalanan menuju kampung halamannya di Jawa Tengah. 

"Bicara biaya, kami satu keluarga bisa menghabiskan hampir Rp 1,2 juta untuk mudik. Tapi, dengan mudik asyik ini, kami dapat pulang kampung gratis, alhamdulillah," ujarnya

Sugeng bersama keluarganya sudah dua tahun tidak mudik karena terkendala Covid-19. "Saya sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi. Baru kali ini mudik bersama keluarga. Senang sekali karena bisa bersilaturahmi dengan orang tua, sanak saudara di kampung," ujarnya.

Dia berharap tahun berikutnya bisa ikut mudik gratis kembali. "Kami berharap tahun depan kami sekeluarga bisa mudik asyik gratis lagi," ujarnya.

Sebelum pelepasan 'Mudik Asyik Bersama GBB', para buruh diberi bingkisan untuk bekal mereka di perjalanan. Selain itu, posko mudik di sekitar Pantura yang dibangun GBB juga siap menerima pemudik yang ingin beristirahat.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement