Kamis 20 Apr 2023 08:44 WIB

Masjid Istiqlal Gelar Sholat Gerhana

Sholat gerhana di Masjid Istiqlal akan diselenggarakan pada pukul 10.10 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta akan menggelar Sholat Kusuf atau Gerhana Matahari tepat pada hari ke-29 Ramadhan 1444 H.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Masjid Istiqlal Jakarta akan menggelar Sholat Kusuf atau Gerhana Matahari tepat pada hari ke-29 Ramadhan 1444 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Masjid Istiqlal Jakarta akan menggelar Sholat Kusuf atau Gerhana Matahari tepat pada hari ke-29 Ramadhan 1444 H.

"Ya, Masjid Istiqlal tentu akan menyelenggarakan Sholat Gerhana Matahari atau Shalat Kusuf pada Kamis (20/4/2023)," kata Kepala Bagian Umum dan Sumber Daya Manusia Masjid Istiqlal Ismail Cawidu, Rabu (19/4/2023).

Sholat Gerhana atau Sholat Kusuf di Masjid Istiqlal akan diselenggarakan pada pukul 10.10 Waktu Indonesia Barat (WIB) bertempat di Lantai Utama Masjid Istiqlal.

"Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti ibadah shalat Kusuf ini, dengan mengajak keluarga, saudara, karib-kerabat, tetangga, dan sahabat di Masjid Istiqlal," kata Ismail.

 

Sebelumnya, stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kepulauan Riau menyatakan, fenomena gerhana matahari sebagian dapat diamati di provinsi tersebut dengan durasi sekitar 2 jam 8 menit pada Kamis (20/4/2023).

Gerhana matahari 20 April 2023 merupakan gerhana matahari hibrida yang terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi, tepat segaris. Fenomena ini membuat piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari, dan di tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis dalam keterangan yang berbeda juga menjelaskan mengenai tata cara shalat Kusuf yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

"Sholat dua rakaat dengan dua kali berdiri dan dua kali rukuk dalam setiap rakaatnya," kata Cholil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement