Jumat 21 Apr 2023 03:35 WIB

Menjajal Mudahnya Mudik ke Sumatra Melalui Tol Trans-Sumatra yang Diresmikan Jokowi

Tol sepanjang 371,5 kilometer tersebut terbagi menjadi tiga ruas.

Sebanyak 61.841 unit kendaraan masuk Jalan Tol Trans Sumatra, pada H-5, Senin (17/4/2023).
Foto:

Kepala Pos Pelayanan Pengamanan Jalan Tol Trans Sumatra Area KM 234A, Mesuji, Lampung, Ipda Indra Maruli, mengatakan terdapat dua regu yang bertugas melakukan pengamanan di tempat peristirahatan tersebut. Masing-masing regu terdiri atas 10 personel, yang melakukan tugas patroli di tempat peristirahatan itu.

"Kami mengantisipasi terjadinya tindak kriminal pada kendaraan pemudik yang sedang beristirahat di rest area ini. Terutama tindak pencurian dengan modus pecah kaca," kata Indra.

Apalagi pada rest area tersebut terdapat jalan tikus menuju perkampungan. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para pemudik untuk memastikan kendaraannya terkunci dengan aman dan tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan. Rest area tersebut biasanya dipenuhi pemudik yang ingin beristirahat pada malam hari.

"Kami juga meminta para pemudik yang ingin beristirahat untuk memarkirkan kendaraannya di bagian depan rest area, agar memudahkan petugas kami melakukan pemantauan. Sementara untuk bagian belakang memang dikhususkan untuk kendaraan besar seperti truk dan bus," ujar dia lagi.

Pihaknya terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik dengan melakukan patroli rutin di kawasan rest area. Selain itu pemudik yang merasa lelah juga diminta untuk dapat beristirahat terlebih dahulu di tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, mengatakan PT Hutama Karya (Persero) merampungkan pemeliharaan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) lebih awal untuk mendukung mudik Lebaran. Pengelola Jalan Tol Trans Sumatra tersebut memastikan jalan tol tersebut telah siap dilalui oleh pemudik yang melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra maupun sebaliknya.

"Kondisi jalan sudah prima dan baik untuk dilintasi pemudik," katanya beberapa waktu lalu. Para pemudik juga diharapkan dapat mematuhi ambang batas kecepatan di jalan tol yakni maksimal 100 kilometer per jam dan minimal 60 kilometer per jam.

photo
Moda Pilihan Pemudik Saat Lebaran 2023 - (Tim Infografis)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement