Selasa 18 Apr 2023 03:43 WIB

RSUD Dr Soetomo Surabaya Tetap Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Selama Lebaran

RSUD Dr Soetama tetap siagakan UGD khusus pasien Covid-19.

Petugas kesehatan berada di ruang vaksinasi saat dimulainya Uji Klinis Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Petugas kesehatan berada di ruang vaksinasi saat dimulainya Uji Klinis Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19 saat libur Lebaran 2023 dengan menyiagakan unit gawat darurat (UGD) khusus pasien kasus virus corona. "Alhamdulillah RSUD Dr Soetomo ini satu-satunya rumah sakit yang punya UGD penyakit menular, makanya kita tetap screening. Kami juga ada UGD untuk pasien COVID-19 yang melahirkan, tidak ada loh di tempat lain," kata Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi di Surabaya, Senin (17/4/2023).

Rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut, saat ini memiliki tiga kamar operasi untuk pasien COVID-19, 14 tempat tidur intensif gear, dan 29 tempat tidur di ruang intensif khusus (RIK). "Juga high gear dan low gear-nya ada 290 tadi. Jadi untuk COVID-19 cukup. Sistemnya kami sudah terbiasa menangani COVID-19, screening-nya tetap jalan," kata dia.

Baca Juga

Dia mengemukakan bahwa tidak menutup kemungkinan pasien COVID-19 akan meningkat. Hal ini mengingat akan ada mobilitas yang besar olehmasyarakat untuk berlebaran.

"Nantinya semua pasien yang masuk RSUD Dr. Soetomo akan dilakukan screening. Jika mengarah ke COVID-19 kita PCR, tidak antigen. PCR lebih sensitif dari antigen," katanya.

Pihaknya tidak membedakan pasien umum, pasien BPJS atau pasien yang ditanggung oleh Jamkesraskin. Sebab, RSUD Dr Soetomo Surabaya adalah rumah sakit milik pemerintah yang bertugas memberi pelayanan yang sama.

"Kami sedang proses tata, bagaimana agar antrean di RSUD Dr. Soetomo dan RS Saiful Anwar tidak sepanjang sekarang. Semoga nanti sukses, semoga ada perbaikan, supaya RS daerah bisa melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement